Operasi Patuh Candi 2022 Dimulai, Polres Cilacap Fokus 7 Prioritas Penindakan Pelanggaran Lalin – CILACAPMEDIA.com

Table of Contents

CILACAP, (CIMED) – Polres Cilacap kembali menggelar Operasi Patuh Candi 2022. Sasaran utama operasi ini yakni mengajak masyarakat untuk tertib dan disiplin berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan. Ada sebanyak tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas yang bakal ditindak, mulai dari pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara hingga melawan arus.

Operasi ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2022 di halaman Mapolres Cilacap, Senin (13/6/2022). Apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2022 kali ini dipimpin langsung oleh Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro. Diikuti petugas gabungan dari unsur TNI, anggota Polres Cilacap, Satpol PP, Dishub dan anggota Pramuka.

Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro saat membacakan amanat Kapolda Jawa Tengah mengatakan, Kepolisian Negara Republik Indonesia secara serentak akan menggelar Operasi Patuh tahun 2022 selama 14 hari dari tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka Cipta Kondisi jelang Hari Bhayangkara Tahun 2022 pada masa pandemi Covid-19.

“Sasaran utama dalam Operasi Patuh Candi 2022 ini yakni mengajak masyarakat untuk tertib dan disiplin berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan,” kata Kapolres Cilacap.

Disebutkan, operasi kali ini melibatkan petugas gabungan yang terdiri dari Polri 80 orang dan ditambah instansi.

“Adapun intansi lain terdiri dari Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Cilacap,” rincinya.

Dijelaskan, adapun prioritas sasaran pelanggaran diantaranya pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, pengendara kendaraan dalam pengaruh atau mengkonsumsi Alkohol, melawan arus dan melebihi batas kecepatan.

“Ada tujuh prioritas pelanggaran yang akan ditindak,” tegasnya.

Karenanya, kepada masyarakat Kapolres Cilacap menghimbau agar selalu taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Karena sekecil apapun pelanggaran akan menjadi awal dari terjadinya kecelakaan.

“Mari hati hati dan tertib dalam berlalu lintas. Jaga keselamatan diri dan orang lain dengan tertib dan sopan dijalan,” tandas Kapolres.

Sementara itu kepada petugas yang bertugas selama operasi, Kapolres menekankan, agar mengupayakan selalu melalui pendekatan humanis, lakukan sosialisasi, edukasi, imbauan secara simpatik ke masyarakat baik secara langsung di lapangan maupun memanfaatkan media sosial. Sehingga operasi nantinya dapat meningkatkan disiplin berlalu lintas dan meminimalisir kasus laka lantas.

“Utamakan keselamatan baik diri sendiri, pribadi maupun masyarakat yang ada dengan mempedomani standar operasional protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, hindari komplain masyarakat, bertindak dengan humanis dan selalu saling berkoordinasi satu dengan lainnya sehinhga apa yang menjadi sasaran dan tujuan operasi dapat tercapai,” pungkasnya.

Selain apel petugas gabungan, dalam kegiatan tersebut juga digelar sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk kegiatan Operasi Patuh Candi 2022.

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com