Pemkab Cilacap Launching Program CANTIK

Table of Contents

CILACAP – CANTIK atau Cilacap Tanpa Kantong Plastik merupakan upaya Kabupaten Cilacap mengurangi jumlah sampah plastik di masyarakat. Launching CANTIK dilakukan di halaman Pasar Gede Cilacap, Kamis (28/7/2022) ditandai dengan penyerahan tas guna ulang secara simbolis kepada perwakilan UMKM, perwakilan pasar tradisional, modern dan hotel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cilacap Sri Murniyati menjelaskan, program ini merupakan replikasi inovasi pelayanan publik yang menang dalam lomba inovasi tingkat nasional.

“Tahun lalu Pemkab Cilacap ditunjuk oleh Pemprov untuk melakukan replikasi inovasi pelayanan publik atas pemenang lomba inovasi tingkat nasional yaitu Badung yang sudah melakukan inovasi terlebih dahulu dengan BATIK atau Badung Tanpa Kantong Plastik,” terangnya.

Sri Murniyati mengatakan tujuan acara launching Program CANTIK ini adalah untuk meningkatkan peran partisipasi masyarakat, stakeholder, komunitas dan organisasi wanita agar menjadi pioneer dan membantu menyosialisasikan program CANTIK ini kepada masyarakat.

“Kita bersama mendukung komitmen pemerintah agar tahun 2030 Indonesia bebas sampah plastik. Ini juga harus dilakukan karena kita telah menetapkan Perbup tentang pengurangan sampah plastik,” lanjutnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih sangat mengapresiasi dan mendukung program ini karena menurutnya permasalahan sampah khususnya sampah plastik adalah persoalan yang luar biasa.

“Apalagi ibu-ibu ini salah satu penyumbang terbesar sampah plastik ini, saya kadang suka mengimbau untuk mengurangi penggunaan plastik. Melalui kegiatan ini juga kita nantinya mengedukasi masayarakat agar bumi ini tidak tercemar oleh hal yang buruk. Ini demi masa depan anak-anak kita,” ujar Teti.

Anggota Komisi IV DPR RI tersebut juga mengharapkan agar program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat karena Kabupaten Cilacap pada tahun 2021 menghasilkan sampah sebanyak 943 Ton yang 16,7% nya merupakan sampah plastik.

Dalam acara ini dilakukan juga talkshow bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaludiin Muuri, Kepala DLH Kabupaten Cilacap Sri Murniyati, dan narasumber lainnya. Selain itu dilakukan penyerahan penghargaan Lingkungan Hidup oleh Bupati Cilacap kepada 13 penerima dari sekolah, dan masyarakat. (mia/aji/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com