17 Agustus Diperingati Hari Kemerdekaan, Ini Sejarahnya!

Table of Contents

BANYUMAS – Sebentar lagi bangsa Indonesia akan memeringati Hari Kemerdekaan yang jatuh setiap 17 Agustus. Pasalnya pada 17 Agustus 1945 silam, bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Di kutip dari wikipedia, sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di laksanakan pada Jumat, 17 Agustus 1945 atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang.

Baca Juga : Hari Kemerdekaan, Ini Tokoh yang Dapat Gelar Pahlawan Pertama!

Naskah proklamasi di bacakan oleh Soekarno dengan di dampingi oleh Mohammad Hatta.  Pelaksanaannya di sebuah rumah hibah dari Faradj Martak di Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta Pusat.

Proklamasi tersebut menandai di mulainya perlawanan diplomatik dan bersenjata dari Revolusi Nasional Indonesia, yang berperang melawan pasukan Belanda dan warga sipil pro-Belanda. Hingga Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

Belanda menyatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk menerima secara de facto tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.

Namun, pengadilan Belanda memutuskan dalam kasus pembantaian Rawagede bahwa Belanda bertanggung jawab karena memiliki tugas untuk mempertahankan penduduknya, yang juga mengindikasikan bahwa daerah tersebut adalah bagian dari Hindia Timur Belanda.

Hal itu bertentangan dengan klaim Indonesia atas 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaannya.

Baca Juga : Cegah Penyakit, Bupati Husein Minta Posbindu Diperbanyak

Dalam sebuah wawancara, sejarawan Indonesia Sukotjo meminta pemerintah Belanda untuk secara resmi mengakui tanggal kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui tanggal 27 Desember 1949 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.

Sementara naskah Proklamasi di tandatangani oleh Sukarno (yang menuliskan namanya sebagai “Soekarno” menggunakan ortografi Belanda) dan Mohammad Hatta, yang kemudian di tunjuk sebagai presiden dan wakil presiden berturut-turut sehari setelah proklamasi di bacakan.

Hari Kemerdekaan di jadikan sebagai hari libur nasional melalui keputusan pemerintah yang di keluarkan pada 18 Juni 1946.(*-7)

 

Sumber : wikipedia

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com