Hari Kemerdekaan, Ini Tokoh yang Dapat Gelar Pahlawan Pertama!

Table of Contents

 PURWOKERTO – Kemerdekaan yang berhasil bangsa Indonesia raih dan di peringati setiap 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan, tidak lepas berkat dari jasa-jasa para pahlawan.

Nah, tahukah kalian siapa tokoh yang mendapat anugerah gelar pahlawan kemerdekaan nasional yang pertama di Indonesia?

Baca Juga : Ibu-ibu di Purwokerto Ini Semangat Latihan Padus, Ternyata Ini Alasannya!

Di kutip suarabanyumas.com dari wikipedia, ternyata tokoh yang mendapat gelar sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang pertama adalah Abdul Muis.

Dia merupakan seorang politisi yang menjadi penulis. Gelar tersebut ia terima pada 30 Agustus 1959. Ia wafat pada bulan sebelumnya.

Gelar pahlawan kemerdekaan nasional ini digunakan saat pemerintahan Sukarno. Ketika Suharto berkuasa pada pertengahan 1960-an, gelar tersebut berganti nama menjadi Pahlawan Nasional.

Penghargaan Tingkat Tertinggi

Pahlawan Nasional adalah gelar penghargaan tingkat tertinggi di Indonesia. Gelar anumerta ini di berikan oleh Pemerintahan Indonesia atas tindakan yang di anggap heroik.

Baca Juga : Agustusan, Penjual Bendera Merah Putih Menjamur di Cilacap

Di definisikan sebagai perbuatan nyata yang dapat di kenang dan di teladani sepanjang masa bagi masyarakat lainnya atau berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Sementara gelar khusus pada tingkat pahlawan nasional juga di anugerahkan. Pahlawan Revolusi di berikan pada tahun 1965 kepada sepuluh korban peristiwa Gerakan 30 September.

Adapun Presiden Soekarno dan mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta di berikan gelar Pahlawan Proklamator pada 1988 karena peran mereka dalam membacakan proklamasi.(*-7)

 

Sumber:wikipedia

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com