Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Gelombang I Kabupaten Cilacap Tahun 2022

Table of Contents

You are currently viewing Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Gelombang I Kabupaten Cilacap Tahun 2022

CILACAP – Latsar atau Pelatihan Dasar CPNS adalah sebuah tahapan yang wajib dilalui semua Calon Pegawai Negeri Sipil di wilayah Kabupaten Cilacap sebelum kemudian sah diangkat menjadi PNS. Dalam tahapan ini, peserta Latsar akan diberi pendidikan dan pembekalan terkait nasionalisme, bela negara dan tugas serta kewajiban sebagai PNS.

Seperti Latsar pada tahun lalu, tahun ini Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) dan bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah kembali menyelenggarakan Latsar CPNS untuk Golongan III formasi tahun 2021.

Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Gelombang I Kabupaten Cilacap tahun 2022 dilakukan di Sasana Diklat Praja, Rabu (10/8/2022). Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri dan dilakukan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri dan Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arief Irwanto.

IMG 9415

Dalam laporannya, Kepala BKPPD Kabupaten Cilacap Budi Santosa menjelaskan tujuan Latsar CPNS adalah untuk membentuk karakter PNS yang profesional.

“Diukur berdasarkan kemampuan sikap dan perilaku bela negara, dan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS, kedudukan serta peran PNS,” terangnya.

Pelatihan dilakukan mulai tanggal 12 Agustus 2022 sampai 19 November 2022. Untuk Gelombang I, terdapat 160 peserta CPNS Golongan III yang ikut dan dibagi kedalam 4 angkatan dengan metode Blanded Learning.

“Tahapannya yaitu pelatihan mandiri dan distance learning di masing-masing instansi, selanjutnya klasikal yang bertempat di Sasana Diklat Praja,” ujar Budi Santosa menambahkan.

IMG 9426

Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arief Irwanto yang hadir dalam acara pembukaan berterimakasih dan mengapresiasi Kabupaten Cilacap yang telah menyelenggarakan Latsar CPNS secara mandiri.

“Saya berterimakasih dan mengapresiasi Kabupaten Cilacap karena bisa menyelenggaran Latsar secara mandiri, karena tidak semua kabupaten bisa. Dari 35 kabupaten yang ada di Jawa Tengah hanya 12 yang bisa dan salah satunya Kabupaten Cilacap,” ungkapnya.

IMG 9441

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan bahwa PNS memiliki peranan penting dalam proses pelayanan publik dan merupakan aset negara yang perlu dikembangkan potensi dan kemampuannya terutama pada gempuran tantangan di era revolusi 4.0.

“Harapannya para CPNS generasi milenial ini mampu bersaing dan berkelas dunia sehingga melalui Pelatihan Dasar CPNS pola baru yaitu Blended Learning mampu mencetak ASN yang smart dan mendukung terwujudnya Smart Governance khususnya untuk Pemerintah Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Sumbowo, Kepala BPPKAD Warsono, Kepala BAPPEDA Sujito serta tamu undangan dari OPD di Kabupaten Cilacap. (mia/kominfo)

 

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com