Nah, Pendidik Diimbau Tekankan Pendidikan Karakter

Table of Contents

PURWOKERTO – Para pendidik dan orang tua di imbau untuk lebih menekankan pendidikan karakter pada anak. Adanya karakter yang kuat dalam diri anak, menjadi salah satu ciri sebuah bangsa yang maju.

Pendapat itu Bupati Banyumas Ir Achmad Husein sampaikan saat membuka seminar parenting dalam rangka memeringati HUT ke 17 Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini), Rabu (10/08/2022) dengan tema Tulus Mengabdi, Teguh Berjuang, Solid Bergerak untuk Hak Profesi Guru PAUD.

Acara yang di gelar di GOR Sasana Krida Satria Purwokerto ini di tandai pemotongan tumpeng oleh Bunda PAUD Kabupaten Banyumas, Erna Husein dan di dampingi Ketua PP Himpaudi Pusat Netty Herawati, serta Wakil Ketua DPRD Banyumas Supangkat.

Baca Juga : Soal Sekolah Ramah Anak, Ini Pendapat Sekda Banyumas

“Yang di harapkan adalah anak-anak kita mempunyai dasar watak yang mulia, berani, jujur dan bertanggung jawab. Contoh nampaknya belajar mengantre. Karena ciri sebuah bangsa itu maju adalah jika ada antrean tidak ada yang mendahului,” Ucap Husein.

Menurutnya, didikan orang tua dan tenaga pendidik dalam hal mengantre saja sudah merupakan ciri khas suksesnya pendidikan PAUD di Banyumas.

Menghargai

Husein juga mengimbau agar anak-anak di didik untuk menghargai orang lain. Baik itu karya, prestasi, maupun penampilan. Dengan tidak menghina, mengejek, mengolok-olok atau membully karya orang lain, maka akan menjadi bangsa yang besar.

Selain itu, Bunda PAUD Kabupaten Banyumas, Erna Husein menyinggung terkait implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini yang merupakan program baru dari Kemendikbud.

Menurutnya, merdeka belajar bagi PAUD berarti Merdeka Bermain.

Dia juga mengimbau agar pendidikan di usia 0-8 tahun pembelajaran karakter lebih di tekankan, sesuai dengan karakteristik kurikulum merdeka belajar pada PAUD.

Yaitu lebih menguatkan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar, menguatkan relevansi PAUD sebagai pondasi pengembangan karakter dan kesiapan anak bersekolah pada jenjang selanjutnya, serta menguatkan kecintaan pada dunia literasi sejak dini.

Baca Juga : Anggota Paskibra di Banyumas Masih Minimalis

Acara tersebut juga di meriahkan Tari Geol Mas yang di lakukan oleh lebih dari 1.000 guru PAUD se-Kabupaten Banyumas bersama Bupati Banyumas, Bunda PAUD Kabupaten Banyumas, Ketua Himpaudi Pusat, Ketua Himpaudi Banyumas, Wakil Ketua DPRD, dan jajaran Forkompinda.(*-7)

 

Sumber:banyumaskab.go.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com