Rayakan HUT RI, Warga Pesangkalan Tebar 77 Ribu Benih Ikan

Table of Contents

BANJARNEGARA – Warga Desa Pesangkalan Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara memiliki cara unik dalam memeringati HUT Kemerdekaan RI.

Warga bersama anak-anak menebar benih ikan sebanyak 77.000 ekor ikan di Curug Pletuk, Senin (15/8/2022).

Penebaran benih ikan ini merupakan bentuk kepedulian warga dalam menjaga kelestarian lingkungan. Terutama di kawasan Curug Pletuk yang juga menjadi objek wisata alam yang di kelola masyarakat.

Baca Juga : libur-tahun-baru-islam-dieng-dibanjiri-wisatawan

Sedangkan jumlah benih ikan sebanyak 77 ribu ekor juga melambangkan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini.

Kepala Desa Pesangkalan Sarmin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan sungai dan menjaga populasi ikan di aliran sungai dari Curug Pletuk.

Pihaknya mengajak siswa sekolah dasar untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Penebaran benih ikan ini di harapkan menjaga populasi ikan, bahkan malah bertambah,” katanya.

Dia mengatakan, populasi ikan di sungai sempat menurun beberapa tahun lalu akibat maraknya penangkapan ikan dengan cara di racun atau dengan setrum.

Pada tahun 2016, di terbitkan peraturan desa tentang larangan menangkap ikan dengan bahan kimia dan setrum. Kemudian tahun 2018, di tebar benih ikan sebanyak 50 ekor.

“Alhamdulillah, ikan di sungai mulai bertambah. Beberapa waktu lalu, saat di lakukan parak ikan juga banyak ikan yang di tangkap warga,” jelasnya.

Anggota DPRD Banjarnegara Djarkasi menyambut baik kegiatan yang di inisiasi oleh warga Pesangkalan bersama mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto itu.

Pelestarian lingkungan harus di lakukan secara terus-menerus. “Dan hari ini juga mengajak anak-anak untuk menebar benih ikan sebanyak 77 ekor sesuai dengan HUT Kemerdekaan tahun ini yang ke-77,” ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Banjarnegara Singgih Haryono mengatakan, Desa Pesangkalan sudah menunjukkan komitmennya terhadap konservasi lingkungan.

Baca Juga : peringati-hut-pramuka-ini-pesan-wagub-jateng

Hal itu di tunjukkan dengan adanya peraturan desa tentang larangan penangkapan ikan dengan bahan kimia, serta peraturan desa tentang larangan menangkap burung.

“Langkah ini sangat baik dan mendukung upaya warga dalam mengelola wisata alam Curug Pletuk,” ujarnya.(cs-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com