BHHC Gelar Pameran Foto dan Arsip Sejarah Banyumas Raya

Table of Contents

PURWOKERTO – Komunitas pecinta dan pelestari sejarah, Banjoemas History Heritage Community (BHHC) bekerja sama dengan pengelola The Village Baturraden menggelar pameran Foto dan Arsip Sejarah Banyumas Raya pada 17 – 31 Agustus 2022.

Pameran yang memadukan konsep indoor dan outdoor ini berlangsung di obyek wisata The Village. Pajang dokumen bersejarah ini menyuguhkan lintasan sejarah yang terkumpul mulai tahun 2007 lalu.

Founder BHHC, Jatmiko Wicaksono mengatakan, dalam pameran ini, komunitasnya memajang foto-foto bangunan bersejarah, peta kuno, hingga tokoh yang berasal dari wilayah Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga dan Cilacap.

Baca Juga : 16-anggota-geng-motor-berhasil-diamankan

“Nanti kami pajang foto tokoh-tokoh penting dalam sejarah Banyumas Raya. Ada beberapa gedung sekolah, pabrik gula, peta wilayah Karesidenan Banjoemas, stasiun, sampai ke gedung pemerintahan. Ada juga beberapa foto yang belum pernah di publikasikan,” katanya, Selasa (16/8/2022).

Untuk arsip, ada beberapa catatan penting tentang perusahaan listrik, akta tanah, perkawinan dan sebagainya. Dokumen-dokumen bersejarah ini terbagi dalam beberapa stand di dalam dan luar ruangan The Village.

Buku Sejarah

“Selain itu juga ada buku-buku sejarah yang di tulis oleh rekan-rekan dosen dan pegiat komunitas sejarah dari Purwokerto, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga,” jelasnya.

Adapun untuk arsip, ada beberapa catatan penting tentang perusahaan listrik, akta tanah, perkawinan dan sebagainya.

Dokumen-dokumen bersejarah ini terbagi dalam beberapa stand di dalam dan luar ruangan The Village.

“Selain itu juga ada buku-buku sejarah yang di tulis oleh rekan-rekan dosen dan pegiat komunitas sejarah dari Purwokerto, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga,” jelasnya.

Pameran yang juga melibatkan mahasiswa prodi Periklanan STIKOM Yogyakarta dan Desain Komunikasi Visual (DKV) IT Telkom Purwokerto ini akan di ramaikan dengan bedah buku “Purbalingga Berjuang 1942 – 1949”, Kamis 18 Agustus 2022 pukul 15.00-17.00 dan “Melawan Lupa Fragmen-Fragmen Sejarah Cilacap” Sabtu, 27 Agustus 2022 pukul 15.00 – 17.00.

Juga ada talkshow tentang warisan bersejarah (heritage) di Banyumas, Sabtu, 20 Agustus 2022 pukul 13.00 – 17.00.

Sementara pada 21 Agustus 2022, akan di gelar “Jejalah Banjoemas Kota Baru Purwokerto” sejumlah bangunan bersejarah di Kota Purwokerto.

Beberapa titik yang akan di kunjungi di antaranya eks Pabrik Gula Purwokerto, Stasiun Timur. Kemudian GKJ Purwokerto, GKI Gatot Subroto, Gedung eks Karesidenan Banyumas di Purwokerto dan Landkaas.

Baca Juga : asyik-festival-kenthongan-kembali-digelar

“Untuk kegiatan jelajah, selama setengah hari kami ajak untuk menyusuri sejarah daerah yang dulunya merupakan perbatasan kota lama dan kota baru Purwokerto,” katanya. (aw-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com