Semarakkan HUT RI, DPRD Bagikan Ratusan Bendera Merah Putih

Table of Contents

PURWOKERTO – Momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI juga di semarakkan oleh kalangan anggota DPRD Kabupaten Banyumas.

Untuk anggota terlibat langsung dan mendukung berbagai kegiatan yang ada di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Sedangkan secara kelembagaan turut melakukan aksi nyata membagi-bagikan ratusan bendera merah putih yang di lakukan empat unsur pimpinan DPRD. Yakni Ketua DPRD dr Budhi Setiawan dari PDI-P, dan tiga wakil ketua, Darisun (PKB), Supangkat (Partai Golkar) dan Budiyono (Partai Gerindra).

Baca Juga : 695-napi-dapat-remisi-dua-langsung-bebas

“Sebelum tanggal 17 Agutsus, sudah kita bagikan ratusan Bendera Merah Putih ke masyarakat. Kalau di bagikan setelah 17-an, ini kan sepertinya sudah antiklimak.  Dari unsur pimpinan kita fokuskan di Kecamatan Baturraden Senin lalu,” kata Ketua DPRD Banyumas dr Budhi Setiawan, Kamis (18/8/2022).

Di Baturraden, lanjut dr Budhi, bendera di bagikan ke masyarakat, unsur Forkompincam dan 12 kepala desa di kecamatan tersebut.

Dari mereka, kemudian di teruskan di bagi ke warga masyarakatnya. Pembagian di pusatkan di kantor kecamatan dan Balai Desa Karangmangu.

“Lewat kepala desa supaya bisa di teruskan ke warga yang rumah tinggalnya masuk ke dalam. Kita bagi ke masyarakat, bukan berarti mereka tidak punya, tapi ada yang benderanya sudah lusuh dan lupa di simpan di mana. Karena ini bendera pusaka, kita sosialisasikan cara penyimpanan yang baik, pemasangan yang benar dan pemakaian tiang yang layak,” terang wakil rakyat dari Kecamatan Sumbang ini.

Program tersebut, katanya, sekaligus menindaklanjuti imbauan dari Kementerian Dalam Negeri, agar instansi pemerintahan berpartisipasi untuk membagi bendera ke masyarakat. Secara nasional, pemerintah menargetkan 10 juta bendera.

“Selain instansi pemerintah dan kelembagaan wakil rakyat, mungkin semua partai politik dan organisasi sosial kemasyarakatan juga dii nstruksikan sama. Kita berinisiatif untuk gotong royong iuran dari anggota dan sekretariat, terkumpul sekitar Rp 10 juta,” terangnya.

Terus Bangkit

Menurutnya, tema peringatan tahun ini, yakni pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat, maka masyarakat perlu di dorong untuk terus bangkit, tidak loyo setelah dua tahun masa pandemi Covid-19.

“Karena kemarin kita sempat terpuruk, ya harapannya sekarang masyarakat kita bangkitkan untuk lebih kuat dan bersemangat lagi. Untuk Covid-19, juga kita pesankan tetap waspada karena hari ini masih banyak kasus kendati tidak terlalu mengancam jiwanya, Sehingga prokes tetap di jalankan dan vaksin ketiga (booster) tetap di lakukan,” pesannya.

Wakil Ketua DPRD Banyumas Supangkat menambahkan, selain ikut membagi di Baturraden, pihaknya juga membagi di wilayah Sokaraja.

Baca Juga : pengawas-dan-penilik-paud-diminta-pahami-permasalahan

Pengadaan bendera ini sekaligus untuk menyemangati warga masyarakat yang sudah di beri kelonggaran untuk mengadakan beerbagai kegiatan perayaan setelah melewati masa pandemi.

Termasuk mengingatkan kepada semua warga masyarakat untuk memasang bendera merah putih, terutama yang rumahnya di tepi jalan. Harapannya, masyarakat bisa ikut mensyukuri dan mengisi kemerdekaan dengan baik.

“Ini semata-mata untuk mengingatkan kembali, bahwa Proklamasi 17 Agustus itu hari kemerdekaan Indonesia. Harapannya hanya satu, NKRI ini satu-satunya harga mati dan bendera merah putih sebagai bendera pusaka bangsa ini,” katanya. (aw-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com