Calon Transmigran Asal Banyumas Diberangkatkan

Table of Contents

PURWOKERTO – Dua Keluarga calon transmigran dari dua kecamatan di Kabupaten Babyumas, resmi di berangkatkan ke lokasi transmigrasi di Provinsi Gorontalo.

Dua kepala keluarga (KK) dengan jumlah sembilan jiwa ini, terdiri keluarga Kirtam dari Kecamatan Purwokerto Utara dan keluarga Sufjul Anom dari Kecamatan Cilongok.

Pelepasan di lakukan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono bersama Kepala Dinnakerkop UKM Joko Wiyono dan Pengurus BAZNAS setempat di Ruang Pandawa Karya Dinnakerkop UKM, Kamis sore (18/8/2022).

Baca Juga : Begini Jadinya Bila Anak Kecil Lomba Bercerita Bahasa Ngapak

Kepala Di nnakerkop UKM Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono mengatakan, setelah di lepas, mereka akan di berangkatan ke Gorontalo, Jumat (19/08/22) ini.

Di lokasi transmigrasi, menurut dia, setiap kepala keluarga akan mendapatkan lahan seluas 1,5 hektare yang di berikan secara bertahap, rumah tipe 36 layak huni, serta jatah hidup berupa sembako selama satu tahun.

“Tanah di sana juga subur dalam kondisi siap tanam. Jalan, rumah, dan air juga dalam kondisi baik,” katanya.

Uang Saku

Joko menambahkan, sebelum di berangkatkan masing-masing kepala keluarga transmigran di bekali uang saku sebesar 4 juta rupiah oleh Baznas Kabupaten Banyumas.

Selain itu juga telah mendapat pembekalan pelatihan teknis pertanian dan teknis rumah tangga oleh Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas.

“Yang penting komitmen dan motivasi mereka untuk bersungguh-sungguh bahwa dengan bertransmigrasi itu untuk dapat merubah hidup mereka menjadi lebih baik,” pesan Kepala Di nnakerkop UKM.

Baca Juga : 695 Napi Dapat Remisi, Dua Langsung Bebas

Wabup Sadewo berpesan kepada para transmigran agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Dengan di landasi niat baik untuk perbaikan kesejahteraan ke depan tentu akan menjadi semangat untuk maju.

“Saya yakin saya doakan InsyaAllah panjenengan sukses di sana mudah-mudahan tanahnya tidak hanya 1,5 hektar, tapi bisa bertambah minimal sepuluh kali lipat menjadi 15 hektare,” tuturnya.(aw-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com