Ganjar: Desain Tempat Wisata Jangan Asal-Asalan

Table of Contents

PURBALINGGA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan kepada pengelola wisata agar mendesain tempat wisata jangan asal-asalan. Mereka diminta untuk mempercantik diri dengan menggandeng profesional agar lebih menarik wisatawan.

Hal itu ia sampaikan saat kunjungan kerja singkat ke obyek wisata The Samingah Wised dan Pusat Informasi Wisata di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Senin (22/8/2022).

(Baca Juga: Beri Semangat Mahasiswa UIN, Ini Ajakan Ganjar)

“Saya berpesan agar dalam mendesain wisata jangan asal-asalan, tidak asal jadi. Gunakanlah arsitek yang handal sehingga hasil desainnya bagus,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ganjar meninjau hasil pembangunan dari Bantuan Keuangan Pengembangan Desa Wisata dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 yang diterima Desa Limbasari. Ia berpesan agar desa wisata mempercantik diri untuk menarik kunjungan wisatawan.

Kerja Sama

“Pihak desa bisa bekerja sama dengan profesional yang ahli di bidangnya atau meminta bantuan akademisi dari universitas terdekat. Ketika minim anggaran, desa bisa bekerja sama dengan Unsoed misalnya agar bisa dibantu dalam desain penataan wisata,” imbuhnya.

Ganjar menilai Desa Limbasari memiliki potensi yang menarik. Dengan pemandanga alam yang bagus, jika didesain dengan baik tentu akan lebih menarik. Dia yakin pengelola Desa Wisata Limbasari bisa melakukannya.

Untuk diketahui, pada 2021 Desa Wisata Limbasari menerima Bantuan Keuangan Pengembangan Desa Wisata dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 500 juta. Bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan gedung pusat informasi desa wisata, kolam mina wisata, kios souvenir dan makanan tradisional, perbaikan jalan dan parkir, perlengkapan kedai kopi serta peralatan arung jeram.

Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Prayitno menyebutkan, Limbasari merupakan salah satu Desa Wisata yang menjadi andalan di Purbalingga. Pokdarwis setempat mengelola kegiatan wisata dengan sajian utamanya river tubing dan wisata khas pedesaan.

“Saat ini Desa Limbasari juga semakin semarak dengan kehadiran The Samingah Wised,” ujarnya.

Pengurus Pokdarwis Patrawisa Joko Dwi menyebutkan bantuan dari Pemprov Jawa Tengah menjadi pengungkit semangat pelaku wisata di Limbasari. (ri-4)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com