Putra Patriot Juara Festival Kenthongan Banyumas

Table of Contents

PURWOKERTO – Grup kenthongan Putra Patriot dari Kecamatan Purwokerto Selatan berhasil menjadi juara 1 dalam Festival Kenthongan Kabupaten Banyumas yang di gelar Sabtu (20/08/2022) malam di Jalan Bung Karno Purwokerto.

Acara ini di selenggarakan dalam rangka HUT ke- 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun juara 2 di raih Garuda Mas dari Kecamatan Rawalo dan juara 3 di sabet Pringgo Laras dari Kecamatan Kedungbanteng.

Festival kentongan tahun ini di ikuti sebanyak 28 peserta yang terdiri dari 25 grup perwakilan kecamatan se-Kabupaten Banyumas, serta 3 peserta eksebisi.

Acara tersebut di saksikan langsung Bupati Banyumas, Achmad Husein bersama Forkopimda dan undangan lain.

Baca Juga : Pemkab Banyumas Undang Ustaz Das’ad Latif, Ini Profilnya!

Ribuan orang juga tumpah ruah memadati panggung kehormatan di sekitar Menara Teratai dan sepanjang jalan Bung Karno Purwokerto tempat berlangsungnya festival ini.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, kesenian tradisional kenthongan ini kembali di gelar untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Ditunggu Masyarakat

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, festival kenthongan setiap tahunnya selalu di tunggu masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

“28 grup kenthongan merupakan grup kenthongan unggulan perwakilan kecamatan se-Kabupaten Banyumas. Di awali peserta eksebisi dari Rita Supermall,” jelas Asis.

Adapun untuk kriteria penilaian dalam festival kenthongan ini, mulai dari penggarapan musikalisasi kenthongan, kemudian penggarapan vokal, kreativitas, koreografi dan busana.

“Peserta di beri kesempatan untuk display di garis start dengan alokasi waktu 5 menit, dengan membawakan lagu yang sudah di sepakati,” tandasnya.(*-7)

 

Sumber : Humas Pemkab Banyumas

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com