Tim Pendamping Keluarga Ikut Orientasi, Ini Tujuannya

Table of Contents

PURWOKERTO – Anggota Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kecamatan Purwokerto Utara, Selasa (23/08/2022), mengikuti kegiatan orientasi yang berlangsung di Kelurahan Sumampir.

“Kegiatan orientasi TPK di bagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu pagi sebanyak 48 peserta dan siang 48 peserta,” kata koordinator PKB Kecamatan Purwokerto Utara, Heru Krisnanto.

Dia menambahkan, ada sebanyak 32 TPK yang terbagi ke dalam tujuh kelurahan. Adapun tujuan dari orientasi TPK ini untuk meningkatkan peran anggota kelompok TPK dalam rangka pelaksanaan program KKBPK di semua wilayah.

Hadir sebanyak lima nara sumber untuk mengisi acara. Di antaranya Kepala DPPKBP3A Kabupaten Banyumas Suyanto, Dwi Astuti Erawaty SH, Martinus Ujianto SIP,MIKom, Dita Saeferari SPsi dan Sulih Asih SE.

Baca Juga : Ada Pengajian Ustaz “Gaspol”, Jalan Suharso Satu Arah

Perlu di ketahui, Tim Pendamping Keluarga merupakan sekelompok tenaga yang di bentuk terdiri dari bidan atau tenaga kesehatan, Kader TP PKK dan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP).

Pendampingan

Adapun tugasnya untuk melaksanakan pendampingan. Meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitasi penerimaan program bantuan sosial kepada calon pengantin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, anak usia 0-59 bulan.

Selain itu, melakukan surveilans keluarga berisiko stunting untuk mendeteksi dini faktor-faktor risiko stunting.

“Dengan adanya TPK ini harapannya dapat menekan angka stunting di Kabupaten Banyumas”, kata Kepala DPPKBP3A Kabupaten Banyumas Suyanto.

Dia menerangkan, sasaran TPK adalah calon pengantin (catin), ibu hamil (bumil), dan pasca persalinan.

“Tugas TPK yang wajib di lakukan, antara lain mendata atau mencatat sasaran, mendampingi sasaran, memantau dan melaporkan,” jelas Sulih Asih, salah satu nara sumber kegiatan tersebut.

Baca Juga : Senam Pakai Kebaya, Ibu-ibu Ini Enjoy!

Selain untuk mengingatkan Kembali tugas TPK, kegiatan orientasi ini juga untuk memotivasi para kader TPK dalam mendukung program percepatan penurunan stunting. Sehingga dapat mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.(*-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com