Tujuh Satuan Karya Pramuka Dikukuhkan

Table of Contents

PURWOKERTO – Sebanyak tujuh anggota  Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Pinsaka) Tingkat Cabang Banyumas masa bakti 2022 – 2027, di kukuhkan Bupati Banyumas Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Banyumas di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kamis (25/08/2022).

 Satuan karya yang di lantik kali ini ada Saka Milenial di bawah binaan Dinas Kominfo, Saka Bahari di bawah binaan Dinas Perhubungan, Saka Taruna Bumi di bawah binaan Dinas Perikanan dan Peternakan, Saka Pustaka di bawah binaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah.

Baca Juga : sedot-ribuan-penonton-ini-sejarah-kenthongan-banyumas

Kemudian Saka Kalpataru binaan Dinas Lingkungan Hidup, Saka Pariwisata di bawah binaan Dinas Pemuda Kebudayaan dan Pariwisata dan Saka Widya Budaya Bakti dibawah binaan Dinas Pendidikan.

Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan, dengan di lantiknya 7 pengurus Saka ini, Kwarcab Banyumas memiliki 17 Saka.

Selain satuan karya yang baru di lantik sudah ada Saka Bhayangkara, Saka Wirakartika, Saka Wanabakti, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Saka Dirgantara, Saka BPOM, Saka Anti Narkotika, Saka Bina Sosial dan Saka Adhyasta.

“Bisa jadi kita Kwarcab yang memiliki Saka terbanyak, namun tujuan utamanya bukan banyak banyaknya, namun memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk mempelajari kecakapan khusus. Misalnya yang berminat terhadap teknologi informasi bisa masuk Saka Milenial yang mempunyai hobi membaca dan literasi bisa masuk Saka Pustaka,” kata Agus.

Agus menambahkan, bahwa selain menambah kecakapan khusus setelah mendapatkan kecakapan umum di Sekolah atau Ambalan, kecakapan khusus juga menjadi salah satu syarat menjadi Pramuka Garuda.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengucapkan selamat mengemban amanah dan terima kasih atas kesediaan para Kepala OPD dan pejabat, menjadi Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka.

Baca Juga : tim-pendamping-keluarga-ikut-orientasi-ini-tujuannya

Husein menitipkan generasi muda Banyumas untuk aktif dan berperan dalam kegiatan kepramukaan di Banyumas.

“Dengan aktif di Pramuka, saya sangat yakin anak anak muda menjadi generasi yang baik dan terhindar dari kenakalan,” katanya.

Husein juga berpesan agar para kepala OPD bersungguh sungguh mendidik anak anak, karena itu bisa menjadi ibadah.(*-7)

 

Sumber : Humas Pemkab Banyumas

 

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com