Festival Runtah Baruwani, Kelola Sampah Jadi Bermanfaat

Table of Contents

You are currently viewing Festival Runtah Baruwani, Kelola Sampah Jadi Bermanfaat

CILACAP – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kreatifitas program pemberdayaan Komunitas Dampingan dan Bank Sampah, PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI Tbk) menggelar Festival Runtah Baruwani (Bala Runtah Watu Geni) di Lapangan Damarjati Cilacap pada Sabtu (27/8/2022).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Cilacap Tatto suwarto Pamuji beserta istrinya, General Manager PT. SBI Tbk M. Istifaul Amin, sejumlah pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap, para karyawan PT. SBI Tbk Cilacap, sejumlah pelajar serta tamu undangan lainnya.

Istifaul mengatakan bahwa Festival Runtah Baruwani bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat mengenai sampah. Sampah yang semula dipandang sebagai sesuatu yang menjijikan dan hanya dikumpulkan, diangkut kemudian dibuang, kini diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai.

General Manager PT. SBI Tbk Cilacap M. Istifaul Amin.
General Manager PT. SBI Tbk Cilacap M. Istifaul Amin.

“Semoga kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk mandiri mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat, sehingga akan mengurangi timbulan sampah untuk lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan,” harapnya.

Bupati Cilacap dalam sambutannya, sangat mengapresiasi Festival Persampahan yang pertama diadakan di Kabupaten Cilacap tersebut. Ia berharap dengan festival ini akan semakin meningkatkan motivasi dan kreatifitas masyarakat Cilacap untuk bersama-sama mengelola sampah dengan benar. Bupati juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada PT. SBI Tbk Cilacap atas inisiasi, kontribusi aktif dan kerja sama dalam penanganan permasalahan sampah di Kabupaten Cilacap melalui pemanfaatan produk RDF.

Bupati serahkan Piagam Penghargaan Kepada General Manager PT. SBI Tbk Cilacap.
Bupati serahkan Piagam Penghargaan Kepada General Manager PT. SBI Tbk Cilacap.

“Kegiatan ini penting juga untuk anak-anak. Jadi dari anak-anak harus sudah diperkenalkan, diajari bagaimana mengelola sampah agar menjadi sesuatu yang bermanfaat. Minyak jelantah bisa didaur ulang jadi sabun dan lain-lain. Ini luar biasa dan sangat penting,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati bercengkerama dengan beberapa siswa yang dengan penuh antusias tampil ke depan untuk menyanyikan lagu Hari Merdeka dan Bangga Mbangun Desa.

Rangkaian acara dalam Festival Runtah Baruwani yang akan berlangsung 1 hari penuh ini kemudian dibuka dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Cilacap, General Manager PT. SBI Tbk Cilacap, Tetti Rohatiningsih dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap. (enka)

IMG 5433       IMG 5439

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com