Kenang Kepanduan Jenderal Soedirman, Puncak Peringatan Hari Pramuka Ke-61 di Tanah Kelahirannya

Table of Contents

PURBALINGGA – Upacara puncak peringatan Hari Pramuka Ke-61 tingkat Kwarcab Kabupaten Purbalingga digelar di Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Senin (29/8/2022). Lokasi ini dipilih untuk mengenang bahwa Jenderal Soedirman dulunya adalah anggota kepanduan.

Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengingatkan kembali, Jenderal Soedirman selain pahlawan nasional juga tokoh kepanduan.

“Oleh karenanya kita patut berbangga, karena di sinilah Purbalingga bumi tempat lahir beliau Panglima Besar Jenderal Soedirman,” ungkap Bupati Purbalingga ini.

(Baca Juga: Odong-Odong Dilarang Melintas Jalan Raya Purbalingga)

Kak Tiwi menyampaikan, Pramuka ke depan harus mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkarakter, berbudi pekerti luhur dan berjiwa Pancasila.

Dia berharap, dengan peringatan Hari Pramuka Ke-61 ini, bisa membawa semangat dan motivasi Kwarcab Kabupaten Purbalingga untuk terus berbuat, berkarya dan berprestasi serta keberadaannya bisa dirasakan bagi masyarakat Purbalingga.

Prestasi

Ia juga mengucapkan selamat atas prestasi yang telah ditorehkan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga. Selaku Bupati, ia menyatakan akan memberikan perhatian lebih banyak salah satunya dengan memberikan tambahan dana hibah.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi mengungkapkan, Kwarcab Purbalingga menorehkan beberapa prestasi. Di antaranya Juara II Gudep Mantap Kwarda Jateng Golongan Penggalang, Juara II Pramuka Peduli Award Kwarda Jateng, Juara Harapan III lomba pangkalan saka tergiat.

Upacara ini melibatkan 700 anggota  Siaga, Penggalang, Penegak dari 18 Kwartir Ranting (Kwarran), anggota Mabicab, Mabiran, pengurus Kwarcab, Kwarran dan Kamabigus.

“Pelaksanaan upacara yang dipusatkan di MTL Soedirman ini juga sebagai peran serta dari kami mendukung program Pemkab Purbalingga. Yakni menggalakan tema Bumi Soedirman pada kesempatan bulan Agustus tahun 2022 ini,” katanya.

Pada acara itu ditampilkan pertunjukan seni Langunpralingga. Yakni kesenian tari yang di kolaborasi dengan semapur dan tongkat. Kesenian ini ditampilkan 110 orang anggota Pramuka dari SMA 1 Rembang, SMK 1 Bukateja dan DKR Purbalingga. (ri-4)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com