Pramuka Mengabdi Tanpa Batas | Website Resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap

Table of Contents

You are currently viewing Pramuka Mengabdi Tanpa Batas

CILACAP – Tema utama Peringatan HUT Ke-61 Gerakan Pramuka dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat menjadi Pembina upacara dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 tahun 2022 Kwartir Cabang 1101 Cilacap, Senin (29/8/2022) di Bumi Perkemahan Jambusari.

Pengabdian yang kita lakukan, Bupati Tatto melanjutkan, adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga, adik-adik kita telah dididik  membantu sesama yang membutuhkan pertolongan.

IMG 3454

“Hal itu dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana di lingkungan tempat tinggal kita. Dan saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Untuk membantu mengatasi dan menanggulanginya, Gerakan Pramuka melakukan banyak hal. Saya berharap terus dilaksanakan, sehingga pandemi Covid-19 segera melandai dan kita bisa lebih leluasa mengadakan berbagai kegiatan kepramukaan,” lanjutnya.

Bupati Tatto juga mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap yang telah berprestasi baik di tingkat nasional maupun di tingkat Kwartir Daerah.

“Saya ucapkan selamat kepada Kontingen Jambore Nasional Kwarcab Cilacap yang telah kembali dari Cibubur dengan selamat dan sukses. Saya ucapkan selamat juga kepada Kwarcab 1101 Cilacap yang menjadi salah satu Kwarcab tergiat tahun 2021 tingkat Kwarda Jateng, serta kepada Gudep SMK Negeri 1 Karangpucung dan SMP Negeri 1 Maos yang menjadi Gudep Mantap Harapan 1 tingkat Kwarda Jateng,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Cilacap yang selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka 1101 juga menyampaikan, sudah 61 tahun Gerakan Pramuka ada di Indonesia, dari sinilah kita mempersiapkan pemimpin-pemimpin masa depan.

“Yaitu pemimpin yang handal, berjiwa Pramuka, semangat dan berjiwa muda. Saya harap pejabat, pengusaha, semuanya harusnya sudah pernah menjadi Pramuka. Maka kedepan adalah Pramuka Indonesia,” tambahnya saat ditemui seusai upacara.

Dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-61 tahun 2022 Kwartir Cabang 1101 Cilacap dilakukan juga penyerahan tanda penghargaan Gerakan Pramuka yaitu Lencana Melati 10 orang, Lencana Dharma Bakti 7 orang, Lencana Karya Bakti 1 orang dan Lencana Pancawarsa kepada 55 orang.

Kemudian dilakukan juga penyerahan Santunan Baznas Kabupaten Cilacap dan bantuan peralatan sekolah kepada anak-anak yatim piatu. Dan penyerahan tropi kejuaraan Lomba Gugus Depan Mantap Tergiat Tahun 2022 Tingkat Kwarcab 1101 Cilacap dan tropi kejuaraan Lomba Kwartir Ranting Tergiat Tahun 2022 Tingkat Kwarcab 1101 Cilacap. Seusai upacara juga digelar Donor Darah sebagai salah satu rangkaian acara Peringakatan HUT Ke-61 Gerakan Pramuka di Kabupaten Cilacap. (mia/kominfo)

 

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com