Asyik..Bantuan Pangan Non-Tunai Juni-Juli Cair

Table of Contents

PURWOKERTO – Pemerintah menyalurkan bantuan pangan non-tunai (sembako) bagi penerima bantuan, baik yang berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan non PKH.

Di Kecamatan Purwokerto Utara, para penerima menerima bantuan pangan tersebut pada Senin (29/08/2022). Pencairan bantuan ini di rapel, karena pada Juni-Juli lalu belum cair.

Pencairan sembako dapat di lakukan di seluruh agen Himbara (Himpunan Bank Negara). Di Banyumas, pencairan dapat di lakukan di Bank Mandiri.

Pendamping PKH Kecamatan Purwokerto Utara, Fitri menjelaskan, setiap kelurahan memiliki dua atau tiga agen mandiri yang siap untuk melayani transaksi sembako.

Baca Juga : Pramuka Garuda Banyumas Jaga Tradisi Raih Juara

Adapun cara melakukan transaksi sembako terbilang mudah. Penerima cukup membawa Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) yang berwarna merah putih beserta PIN-nya ke agen.

Kemudian di gesek untuk di tukarkan menjadi barang sembako yang di dapatkan.

Keluarga Penerima Manfaat

Untuk pencairan Agustus, menurut penjelasan Fitri, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Rp 400 ribu bukan berupa uang, tetapi KPM menerima barang kebutuhan pokok.

Di antaranya karbohidrat berupa beras, protein hewani dan nabati berupa daging, telor, tahu/tempe, vitamin dan mineralnya berupa buah, kacang hijau, bawang putih/bawang merah.

Fitri menambahkan, untuk kualitas komoditi barangnya semua berkualitas baik dan layak untuk di konsumsi, karena para agen di suplai oleh para suplier yang mempunyai paguyuban masing-masing.

Semuanya di bawah monitoring Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermasdes), Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan), serta TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan).

“Alhamdulillah Agustus ini cair. Banyak KPM merasa bahagia, setelah lama sekali tidak cair-cair. Akhirnya bisa cair dan rapel. Untuk sembako yang Agustus-September, kemungkinan akan dicairkan September,” jelas Fitri.

Adapun untuk penerima sembako di wilayah Kecamatan Purwokerto Utara sendiri berjumlah 3.886 KPM. Terdiri dari Kelurahan Bancarkembar sebanyak 549 KPM, Kelurahan Bobosan sejumlah 641 KPM, Kelurahan Purwanegara sejumlah 593 KPM.

Kemudian Kelurahan Grendeng sejumlah 627 KPM, Kelurahan Sumampir sejumlah 714 Kpm, Kelurahan Pabuwaran sejumlah 507 KPM, Kelurahan Karangwangkal sebanyak 255 KPM.

Baca Juga : Extra Vaganza di Bancarkembar Meriah, Ada Kreasi Batik dan Alat Musik Dapur

“Semua agen se-Kecamatan Purwokerto Utara, mencairkan bantuan sembako mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan,” imbuh Fitri.

Sementara salah satu penerima bantuan sembako, Badriyah mengaku senang bisa menerima bantuan tersebut.

“Saya sudah antre dari tadi pagi buat pencairan sembako ini. Soalnya beras di rumah sudah habis. Alhamdulillah, hari ini cair. Jadi bisa langsung masak daging dan telur buat anak cucu di rumah,” ungkapnya.(*7)

 

Sumber : purwokertoutarakec.banyumaskab.go.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com