Ungkapan Syukur, Karangsalam Lor Gelar Ruwat Bumi

Table of Contents

BANYUMAS – Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah, warga Desa Karangsalam Lor Kecamatan Baturraden, Minggu (21/08/2022), menggelar acara ruwat bumi.

Acara ini di isi dengan ritual kirab Syuran atau sedekah bumi dan pawai budaya. Hadir dalam acara ini warga desa, pemerintah desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Adapun acara pawai di mulai dari depan kantor desa dengan mengarak berbagai hasil bumi yang di pajang dalam bentuk gunungan. Ini menjadi simbol sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah SWT.

Seusai pawai, acara berlanjut dengan pagelaran wayang kulit ruwat oleh Ki Sukri Ahmad Muhajir. Pagelaran wayang kulit berlanjut pada malam hari oleh Ki Untung dari Karanglewas dengan lakon Bima Maneges.

Baca Juga : Bupati Sebut Zam-zam Expo Beri Nilai Tambah

Tradisi ruwat bumi tersebut merupakan agenda rutin yang biasa di laksanakan pada bulan Syura/Muharam. Di mana sebelumnya telah di laksanakan adat ider-ider desa terlebih dahulu selama tiga malam beruntun.

Acara berlangsung dengan cukup meriah dan hikmat walaupun cuaca saat awal acara mendung. Kegiatan ini di ikuti seluruh warga Desa Karangsalam Lor.(*-7)

 

Sumber : karangsalam-baturraden.desa.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com