Portal Satu Data Segera Diluncurkan, Ini Tujuannya!

Table of Contents

BANYUMAS – Guna mendorong percepatan layanan digital pemerintah untuk mengambil keputusan yang tepat, Pemkab Banyumas segera meluncurkan portal satu data.

Portal ini merupakan laman resmi yang akan menjadi media ‘one stop service’ dan sumber rujukan utama.

Masyarakat dapat mengakses berbagai data dan informasi, baik dari perangkat daerah, instansi vertikal, BUMN/BUMD, perbankan, perguruan tinggi dan lembaga lainnya di Kabupaten Banyumas.

Ini merupakan salah satu hasil pertemuan antara Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banyumas, Perwakilan Dinkominfo dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Bupati Banyumas Achmad Husein, Senin (29/08/2022) di Ruang Joko Kahiman Kompleks Setda Kabupaten Banyumas.

Adapun agenda pertemuan tersebut adalah penyampaian hasil implementasi kebijakan Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Banyumas.

Baca Juga : Dua Tahun Absen, Dawuhan Wetan Kembali Gelar Festival Kenthongan

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banyumas, Kristanta dalam paparannya menjelaskan, penyelenggaran SDI di latarbelakangi kondisi pandemi yang mendorong percepatan layanan di gital pemerintah untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam rangka pemulihan nasional.

Maka dari itu, di butuhkan tata kelola data yang baik untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat di pertanggungjawabkan, mudah di akses dan dibagipakaikan antar instansi. Hal inilah yang mendasari terbitnya Perpres No 39 Tahun 2019 tentang SDI.

Sementara sebagai pedoman implementasi SDI di Kabupaten Banyumas, telah terbit Perbup No 14 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Banyumas dan SK Bupati Banyumas tentang Pembentukan Forum Satu Data Kabupaten Banyumas.

Adapun beberapa kegiatan yang telah di laksanakan oleh tim Satu Data Kabupaten Banyumas, antara lain sosialisasi regulasi satu data kepada perangkat daerah.  Kemudian pelatihan data statistik sektoral dan koordinasi dengan BPS pusat terkait integrasi data.

Selanjutnya paparan rancangan portal Satu Data Kabupaten Banyumas oleh Kabid Aplikasi Informatika Di nkominfo, Andiono.

‘Dimas Satria’

Portal yang di beri nama ‘Di mas Satria’ (Data dan Informasi Banyumas Satria) menawarkan fitur-fitur yang menyajikan berbagai data strategis, baik data statistik maupun data geospasial.

Selain itu, informasi dalam bentuk infografis dan berita kegiatan terkini.

Bupati Banyumas, Achmad Husein menyambut baik laporan dari Tim Satu Data Kabupaten Banyumas. Ia juga mengapresiasi rancangan Portal Satu Data.

Husein yakin portal ini akan banyak memberikan manfaat tidak hanya bagi masyarakat Banyumas, tetapi juga masyarakat di luar Banyumas, terutama para investor dari luar daerah.

Baca Juga : Bantalan Sosial Tambahan Bakal Disalurkan, Ada BLT dan BSU

Achmad Husein meminta agar portal yang di sebutnya sebagai “very big data” ini dapat segera di lengkapi konten datanya sebelum di luncurkan ke publik.

Selain itu, karena kapasitas yang begitu besar, dukungan infrastruktur yang memadai juga di perlukan. Kemudian sisi keamanan sistem juga harus di perhatikan.(*-7)

 

Sumber : Humas Pemkab Banyumas

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com