Banyumas Tunjukkan Komitmen Layak Anak

Table of Contents

PURWOKERTO – Kabupaten Banyumas saat ini di nilai sudah menunjukkan komitmennya sebagai kabupaten layak anak dan ramah anak.

Ketua Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Banyumas, Ina Yukawati mengatakan, dengan adanya penyelenggaraan berbagai kegiatan di Hari Anak Nasional, Kabupaten Banyumas menunjukkan komitmennya menjadi Kabupaten layak anak dan ramah anak.

“Di Hari Anak Nasional (HAN) 2022 dan Peringatan Himpaudi , semua jajaran Himpaudi Kabupaten hingga kecamatan menunjukkan kepeduliannya dalam tumbuh kembang dan perlindungan anak. Salah satunya melalui penyelenggaraan Gebyar PAUD 2022,” ujarnya.

Dia berharap, dengan berbagai event tersebut, tumbuh kembang anak-anak di Kabupaten Banyumas optimal. Semua elemen masyarakat juga dapat terlibat dalam tumbuh kembang anak, termasuk keluarga.

Baca Juga : Gebyar PAUD, 270 Anak Tampilkan Tarian Geol Mas

Pasalnya keterlibatan keluarga merupakan lembaga pertama dan utama dalam pendidikan karakter anak.

Acara Gebyar PAUD 2022 di Kabupaten Banyumas yang berlangsung Selasa (30/08/2022), di ikuti ratusan anak PAUD di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini di gelar dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional, sekaligus memperingati HUT Himpaudi Kabupaten Banyumas ke-17. Adapun tema yang di usung ‘Semarak Aksi Anak Hebat, Mandiri Kreatif dan Beprestasi’.

Dalam kegiatan ini, anak-anak PAUD menunjukkan kreativitasnya di bidang menari, bercerita, memindahkan bola, menyusun balok dan lainnya.

Tak hanya itu, juga ada lomba untuk para pendidik. Misalnya lomba gambar serti dan cipta lagu anak-anak.
Sebelum lomba di mulai semua peserta bersama pendamping, bersama-sama mengikuti “Tarian Geol Mas” bersama Bupati Banyumas Achmad Husein.

Ajang Kreasi

Menurut Ina, Gebyar PAUD 2022 ini merupakan ajang kreasi anak-anak PAUD di Kabupaten Banyumas yang di ikuti 270 anak perwakilan dari 27 kecamatan.

Mereka terlihat percaya diri berkreasi menampilkan tarian, nyanyian dan sebagainya di depan umum.

Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein yang ikut hadir, mengapresiasi upaya Himpaudi Kabupaten Banyumas dengan membuat kegiatan positif. Yakni unjuk bakat dan kreativitas anak.

Baca Juga : 997 Mustahik Terima Bantuan Produktif dan Konsumtif

“Saya sangat mengapresiasi Himpaudi Banyumas yang telah menyelenggarakan kegiatan positif ini, di mana anak-anak bisa mengekspresikan kemampuannya. Baik dalam bidang menari, bercerita, memindahkan bola, menyusun balok dan lainya,” katanya.

Menurutnya, even ini bisa menjadi ajang kreativitas dan berkreasi bagi anak-anak, sekaligus ajang komunikasi bagi para pendidik dan ibundanya. Sehingga bisa bertukar pengalaman dalam tumbuh kembang anak.

Kegiatan seperti ini, menurut dia, cukup penting karena anak-anak butuh ruang untuk menampilkan ruang kreasi mereka.

Saat di PAUD dan sekolah mereka telah di ajari tentang pengetahuan, keterampilan, adat dan budaya. Sehingga saatnya perlu di tampilkan dan acara Gebyar PAUD ini wadahnya. Dengan kegiatan ini akan timbul rasa percaya diri, interaksi dan unjuk bakat anak dengan teman-temannya ” pungkas Husein.(*-7)

 

 

 

Sumber: Humas Pemkab Banyumas

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com