DCF 2022 Pecahkan Rekor MURI, Pemotongan Rambut 15 Anak Gimbal – CILACAPMEDIA.com

Table of Contents

BANJARNEGARA, (CIMED) – Sebagai bagian dari Dieng Culture Festival (DCF) XIII Tahun 2022, digelar Kirab Budaya yang dilaksanakan di rute pariwisata Dieng. Dilanjutkan dengan prosesi jamasan dan pemotongan rambut anak gimbal atau ruwatan anak gimbal.

Kegiatan kirab budaya dimulai dari balai Desa Dieng Kulon dengan iring-iringan dua kereta kencana, kelompok penari tradisional, kelompok masyarakat adat, dan beberapa warga masyarakat yang antusias meramaikan kegiatan dengan menggunakan atribut unik masing-masing yang kemudian berakhir di komplek Candi Arjuna.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan rambut anak gimbal yang merupakan agenda utama dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Dieng Culture Festival (DCF) XIII. Kegiatan ini sekaligus menjadi pemecahan rekor MURI pemotongan rambut anak gimbal terbanyak yakni 15 orang anak gimbal.

Ruwatan anak gimbal merupakan prosesi adat yang dilakukan seiring dengan adanya keyakinan bahwa prosesi tersebut dapat membebaskan anak gimbal dari kesialan/kesedihan. Prosesi adat ini memiliki ciri khas tersendiri karena baru dapat dilakukan setelah orang tua dari si anak gimbal memenuhi permintaan “apapun” yang diajukan oleh sang anak.

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com