Jalan Penghubung Empat Desa di Kecamatan Kesugihan Rampung Dibangun – CILACAPMEDIA.com

Table of Contents

CILACAP, (CIMED) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri acara tasyakuran jalan penghubung empat desa yang telah selesai dibangun. Desa tersebut adalah Karangjengkol–Ciwuni–Keleng dan Pesanggrahan.

Gubernur Ganjar menjelaskan, jalan tersebut merupakan buah perjuangan empat kepala desa setempat yang cukup panjang. Hasilnya kini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama dalam hal peningkatan perekonomian.

“Jalan tersebut dibangun melalui dana gotong royong. Pemerintah Kabupaten Cilacap mengalokasikan anggaran senilai 4 miliar Rupiah, Pemprov Jateng 7 miliar Rupiah, dan pemerintah pusat mencapai 5 miliar Rupiah,” jelas orang nomor satu di Jateng itu, Jumat (2/9/2022).

Ganjar berpesan agar warga turut berperan dalam pengawasan pemanfaatan bantuan keuangan dari pemerintah.

“Perjuangan yang panjang akhirnya hari ini menghasilkan sesuatu yang bisa dirasakan manfaatnya. Memang saya selalu titip semua bantuan keuangan yang diberikan untuk pembangunan tolong terus diawasi. Kualitasnya bagus minimal sesuai dengan spek, dan jangan dikorupsi. Kalau itu bisa dilaksanakan pasti masyarakat mendapatkan manfaat yang lebih baik karena mendapatkan kualitas yang oke,” tegasnya.

Kepala Desa Pesanggrahan, Tugiman mengakui peningkatan jalan dengan rabat beton ini berdampak sangat positif terhadap perekonomian masyarakat. Terlebih saat ini pihaknya tengah membangun rintisan obyek wisata Kampung Durian.

Tugiman optimis rintisan ini dapat berkembang lebih baik, didukung dengan sarana infrastruktur yang memadai.

“Dulunya jalan aspal, rusak karena sering dilewati truk pengangkut batu. Sekarang sudah bagus, otomatis kesejahteraan masyarakat meningkat. Hasil pertanian yang dulu dipikul, sekarang bisa diangkut pakai motor atau mobil,” kata dia.

Disisi lain, kunjungan dari Gubernur Jateng turut dijadikan momentum bagi Pemkab Cilacap untuk menjalin komunikasi yang baik kepada pemerintah provinsi Jateng. Khususnya terkait kondisi progres maupun tantangan dalam pembangunan yang ada di Cilacap.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah atau Sekda Kabupaten Cilacap, Awaludin Muuri mengatakan, bahwa dirinya telah berbincang dengan Gubernur mengenai berbagai hal. Diantaranya meliputi jalan desa dan kabupaten yang di tahun ini telah mendapatakan bantuan sekitar 7 miliar rupiah.

Terkait pembangunan maupun perbaikan beberapa jalan yang ada dibawah kewenangan provinsi, Awaludin mengungkapkan, bahwa sudah dilakukan pendataan serta komunikasi yang baik dengan pihak terkait.

“Tujuannya antaralain terciptanya percepatan serta pemerataan pembangunan khususnya jalan yang ada di Cilacap. Tentunya dengan manfaat multiplayer efek seperti peningkatan perekonomian bagi masyarakat Kabupaten Cilacap,” pungkasnya.

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com