Unwiku Terima 1.239 Mahasiswa Baru, Diharapkan Dapat Mengembangkan Potensi Diri

Table of Contents

PURWOKERTO – Universitas Wijayakusuma (Unwiku) Purwokerto secara resmi menerima 1.239 mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023. Mereka dikukuhkan secara resmi pada upacara Penerimaan Mahasiswa Baru, Sabtu (3/9/2022).

Rektor Unwiku, Dr H Heru Cahyo MSI mengatakan, jumlah mahasiswa yang diterima merupakan hasil seleksi dari 2.011 orang pendaftar. Mereka diterima melalui program Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) serta penelusuran minat dan bakat.

Secara rinci, mereka tersebar di 9 program studi yakni Fakultas Hukum (299 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (124), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (475), Fakultas Teknik (274) dan Fakultas Peternakan (67).

Pada upacara penerimaan mahasiswa baru Rektor mengemukakan mengatakan, para mahasiswa baru akan segera memulai perjalanan akademik. Ini merupakan proses pembelajaran yang dipandu dan disupervisi oleh segenap dosen-dosen, serta didukung oleh para tenaga kependidikan.

(Baca Juga: Lepas Mahasiwa KKN, Unwiku Dorong Pengembangan Potensi Wisata di Desa)

“Tujuan dari perjalanan akademik tersebut tentunya bukan sebatas didapatkannya gelar akademik. Yang tidak kalah pentingnya adalah dicapainya kompetensi akademik, yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, ketrampilan, sikap serta kepribadian. Semakin tinggi gelar akademik diraih, diharapkan semakin tinggi pula kualitas sikap dan kepribadian yang terbentuk,” ujarnya.

Menurutnya, proses pembelajaran tersebut di atas akan ditempuh melalui kurikulum akademik dan sistem pembelajaran di program program studi. Selain proses formal ini, dia berharap mahasiswa baru dapat menjalin interaksi baik dengan sesama mahasiswa, dosen, dan juga dengan pihak-pihak lain di luar kampus yang relevan dengan prospek karier.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Interaksi-interaksi tersebut, lanjut Heru, akan memperluas dan memperkaya proses pembelajaran yang mereka jalani. Selain itu, Unwiku juga sudah menerapkan kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kebijakan ini menekan pentingnya perluasan kebebasan bagi mahasiswa, selama menempuh proses pembelajaran di kampus. Perluasan kebebasan ini mencakup, perluasan pembelajaran dengan cara mengambil sejumiah mata kukah di luar bidang studi utama, perluasaan interaksi dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus,” kata dia.

(Baca Juga: Lepas 644 Lulusan, Rektor Unwiku: Wisudawan Siap Meniti Karir)

Selanjutnya dengan penerapan kurikulum MBKM, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, serta menyiapkan lulusan sebagai pemimpi masa depan bangsa yang unggul dan berkepnbadian. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas dan inovasi para mahasiswa sesuai dengan potensi dan bakatnya masing-masing.

Perluasan pembelajaran diharapkan akan memperkaya mahasiswa dengan pengetahuan multi-disiplin, selain pengetahuan dalam bidang studi utama yang menjadi pilihannya.

“Ketika telah menyelesaikan studi kelak, sudara akan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi di berbagai bidang pekerjaan yang menjadi pilihan saudara,” ungkap Rektor.

Pada kesempatan ini, Unwiku juga memberikan beasiswa bagi 40 mahasiswa berprestasi akademik 2021/2022 dan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tingkat lokal, regional maupun nasional, baik dibidang akademik maupun non akademik.(ns-2)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com