Menuju Cilacap Open Defection Free, Akses Sanitasi Jamban Sehat Capai 100%

Table of Contents

You are currently viewing Menuju Cilacap Open Defection Free, Akses Sanitasi Jamban Sehat Capai 100%

CILACAP – Mengubah kebiasaan buang air besar sembarangan, terutama di wilayah pedesaan tidaklah mudah. Apalagi mengingat wilayah Cilacap dengan keadaan geografis yang sangat beragam, yakni pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai dan rawa-rawa. Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menyukseskan Program Open Defection Free (ODF) atau yang kita kenal dengan istilah Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Bertempat di Pendopo Wijaya Kusuma Cakti Cilacap, hari ini, Rabu (7/9/2022), Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama dengan wakilnya Syamsul Aulia Rachman dan unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap menyambut kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten ODF Provinsi Jawa Tengah.

Yuni Rahayuningtyas, Ketua Tim Verifikasi ODF Provinsi Jawa Tengah.
Yuni Rahayuningtyas, Ketua Tim Verifikasi ODF Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Tim Verifikasi ODF Provinsi Jawa Tengah Yuni Rahayuningtyas mengatakan bahwa kedatangan tim ini bermaksud untuk memverifikasi dan memberi penilaian terhadap percepatan ODF yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap sampai dengan saat ini.

Disampaikan sebelumnya oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi bahwa kondisi akses sanitasi jamban sehat di Kabupaten Cilacap sudah mencapai 100%. Ia berharap agar Kabupaten Cilacap dapat segera mencapai target sebagai kabupaten modern.

Pramesti Griana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.
Pramesti Griana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

“Kami ingin nantinya Kabupaten Cilacap bisa mendeklarasikan Cilacap sebagai Kabupaten ODF menjelang berakhirnya masa bakti Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati,” harapnya.

Sejalan dengan harapan Pramesti, Bupati Cilacap dalam sambutannya mengatakan bahwa ODF merupakan salah satu pilar dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Dalam upaya mewujudkan Kabupaten Cilacap sebagai Kabupaten ODF tahun 2022, STBM juga telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap, sehingga diharapkan warga masyarakat Kabupaten Cilacap sudah tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan.

Tatto Suwarto Pamuji, Bupati Cilacap.
Tatto Suwarto Pamuji, Bupati Cilacap.

“Besar harapan kami, bahwa kegiatan verikasi pada hari ini benar-benar dapat mewujudkan Kabupaten Cilacap Open Defection Free, sekaligus sebagai perwujudan Pilar Kesehatan Program Pembangunan Daerah Kabupaten Cilacap, Bangga Mbangun Desa,” ujarnya. (enka)

IMG 3948 scaled

IMG 3946 scaled

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com