Tambah PAD, BUMDes Jati Lestari Kembangkan Internet Desa

Table of Contents

BANYUMAS – Guna memenuhi kebutuhan atas akses jaringan internet bagi masyarakat ekonomi bawah sampai atas, BUMDes Jati Lestari Desa Karangjati Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas mengembangkan program internet desa.

Badan usaha milik desa tersebut mengembangkan jaringan internet yang sudah full fiber optik unlimited kuota.

Program internet desa ini bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang ada, mulai dari anak sekolah sampai petani yang setiap hari di sawah.

BUMDes Jati Lestari yang di pimpin Arief Adi Rahman ini telah memiliki 110 pelanggan internet dan akan terus di kembangkan lebih luas lagi.

Baca Juga : Pramuka Kebasen Tebar Benih Ikan

Dalam pengelolaannya BUMDes memberdayakan muda-mudi Desa Karangjati, sehingga berkontribusi secara langsung dalam mengurangi pengangguran yang ada di desa.

Selain program internet desa, BUMDes juga bergelut di bidang pendistribusian gas elpiji dengan kapasitas 560 tabung.  Selain itu mengelola PAM Desa yang melayani 270 pelanggan.

“Program-program BUMDes Jati Lestari bisa berjalan dengan baik, tidak lepas dari penyertaan modal yang di gelontorkan Pemerintah Desa Karangjati setiap tahun,” terang Arief.

Pengembangan

Program-program tersebut juga masih dalam proses pengembangan yang berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat Desa Karangjati.

Namun dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang, BUMDesa di tuntut untuk terus melakukan upaya dalam melengkapi kebutuhan maintenance program internet desa.  Dan ini sangat membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Sedangkan penyertaan modal dari Pemerintah Desa Karangjati terbatas.

Baca Juga : Sebanyak 1.195 Unit Rumah Tidak Layak Diperbaiki

Program tersebut telah berjalan selama 1 (satu) tahun dengan target tahun ini bisa memperoleh 200 pelanggan internet. Sehingga bisa berkontribusi untuk menambah Pendapatan Asli Desa (PAD).(*-7)

 

Sumber : karangjati-kmj.desa.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com