KIM Sinar KIT Dibentuk, Harus Mampu Tangkal Berita Hoax

Table of Contents

You are currently viewing KIM Sinar KIT Dibentuk, Harus Mampu Tangkal Berita Hoax

CILACAP – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi. Namun demikian pemanfaatan teknologi informasi ini harus diimbangi dengan pengetahuan dan pemahaman serta bijak dalam menggunakannya.

Hal tersebut disampaikan Subkoordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Diskominfo Cilacap Arin Nastuti dalam acara sosialisasi dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Tegalsari Kecamatan Sidareja Rabu (7/9/2022).

Dijelaskan, tidak sedikit masyarakat yang terjebak dengan tekhnologi informasi tersebut, mereka hanya mendapat informasi kemudian langsung menyebarluaskannya tanpa mengetahui kebenaran informasi tersebut.

“Disinilah tugas KIM diperlukan tidak hanya untuk bisa mengakses sebuah informasi, namun juga harus mampu mengolah dan mengecek kebenaran informasi melalui sumber berita yang kredibel, sehingga informasi yang disampaiakan kepada masyarakat adalah informasi yang benar dan bermanafaat” jelas Arin.

Selain itu, anggota KIM juga harus selalu meningkatkan literasi dan memiliki kepekaan untuk menyaring informasi yang beredar.

“Intinya saring sebelum shareing, kita harus bisa menyaring semua informasi, mencari kebenarannya dan baru di sampaikan atau share kepada masyarakat” pungkas Arin.

Sejalan dengan hal tersebut, Camat Sidareja Nugroho Slamet Budi Santosa mengatakan, dengan perkembangan tekhnologi saat ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua dengan mudahnya mendapatkan informasi melalui media social dari gadgetnya. Namun demikian harus bijak dalam menggunakannya.

“Karena tidak semua informasi itu benar/belum jelas kebenarannya, dan banyak infirmasi hoax yang gampang sekali disebarkan, untuk itu kita harus bisa menyaring sebuah informasi, jadi tidak asal share” jelas Nugroho.

Pihaknya menggajak seluruh warga masyarakat untuk arif dan bijak dalam menggunakan teknologi informasi tersebut.

Foto bersama pengurus KIM Sinar KIT Desa Tegalsari Tangkal Berita Hoax
Foto bersama pengurus KIM Sinar KIT Desa Tegalsari Tangkal Berita Hoax

Kepala Desa Tegalsari Samirin berharap dengan terbentuknya KIM ini, nantinya masyarakat bisa memperoleh informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Setelah dibentuk KIM, bukan cuma dibentuk kemudian diam saja, tetapi saya berharap KIM ini bisa berjalan dan melaksanakan tugas dan fungsinya di dalam masyarakat, “ungkap Samirin.

KIM Desa Tegalsari dibentuk dengan nama KIM Sinar KIT (Komunikasi, Informasi Tegalsari) yang diketuai oleh Hironimus Gardi, Wakil Ketua Sutarman, Sekretaris Rustanto Hidayat, Bendahara Siti Fatimah dan dibantu 4 seksi yakni Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM dipimpin oleh Hasan Muharir  , Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi Suwarno, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi Kasiran, Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Oyat Sayuti. (wd/kominfo) 

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com