PDM Banyumas Kirim Utusan Terbanyak ke Muktamar Solo

Table of Contents

PURWOKERTO – Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas akan mengirimkan utusan terbanyak pada acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisiyah di Solo, tanggal 18-20 November 2022 mendatang.

Jumlah utusan yang di siapkan ada 15 orang yang memiliki hak suara, terdiri 8 dari Muhammadiyah dan 7 Aisiyah.

“PDM Banyumas merupakan yang terbesar di Indonesia dengan 29 cabang dan 260 ranting. Sehingga kita akan mengirimkan utusan terbanyak,” kata Ketua PDM Banyumas, Dr Ibnu Hasan, di sela-sela acara jalan sehat pra-muktamar di kantornya, Minggu (10/9/2022).

Baca Juga : UMP Beri Sambutan Khusus ke Peserta PMM

Selain 15 utusan, kata dia, Banyumas juga akan mengirim penggembira dari cabang dan ranting secara mandiri yang di kordinir oleh masing-masing cabang.

Pembukaan akan di lakukan pada 19 November pagi di GOR Manahan Solo.

Di tanya soal aspirasi dari Banyumas, Ibnu menjawab, di Muhammadiyah itu tidak memilih orang. Namun memilih perwakilan.

Di Muhammadiyah, lanjut dia, formatur masih menganut musyawarah. Jika musyawarah besar bentuknya memilih 13 besar, dan sudah terpilih 13 besar kemudian seluruh peserta akan legowo apapun yang terjadi di serahkan kepada formatur.

“Biasanya tradisi di Muhammadiyah kalau sudah ketemu 13 itu ‘rebutan’ tapi rebutan mengalah. Dari pusat maupun daerah pun sama saling mengalah atau rebutan wegah, ” Terangnya.

Pra muktamar yang di isi jalan sehat serentak se-Jawa Tengah tersebut, katanya, untuk lebih memperkokoh ukhuwah dengan seluruh elemen bangsa dalam rangka memajukan Indonesia.

“Karena Jawa Tengah sebagai tuan rumah, untuk menyemarakan di awali dengan berbagai kegiatan, seperti jalan sehat. Khusus di PDM Bayumas melibatkan sekitar 20 ribu peserta dari dua titik,”katanya.

Mengingat kapasitas tempat tdak memadai, kata dia, jalan sehat di buat di dua lokasi. Yakni titik utama di kantor PDM Banyumas Jalan dr Angka Purwokerto, dan titik dua di Distrik Ajibarang, untuk distrik setempat
dan kecamatan sekitar.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dr Jebul Suroso
di sela-sela acara tersebut mengatakan, pihanya memberikan suport penuh untuk suksesnya Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo.

Baca Juga : Mahasiswa Baru UMP Didorong Punya Optimisme Raih Masa Depan

Termasuk memberikan dukungan secara nyata berbagai kegiatan yang di lakukan PDM Banyumas, menyemarakan agenda perserikatan tersebut.

“Kami (UMP) juga telah menyiapkan dan sedia memfasilitasi dosen dan tenaga kependidikan untuk berangkat menuju lokasi muktamar di Solo, Jawa Tengah,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dosen dan tenaga kependidikan juga akan di libatkan untuk suksesnya Muktamar Muhammadiyah dan Aisiyah ini.

Jaan sehat serentak se-Jateng ini, di awali sambutan dari pimpinan pusat yang di lakukan secara virtual. Di tingkat provinsi, di buka Gubernur Ganjar Pranowo.(aw-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com