Ngonthel ke Pangandaran, Pejabat Cilacap Bahas Isu Strategis

Table of Contents

You are currently viewing Gelar Rakor Pembangunan Wilayah Perbatasan, Pemkab Cilacap dan Pangandaran Sepakat Tuntaskan Sejumlah Isu Strategis

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Cilacap bertandang ke Kabupaten Pangandaran untuk membahas sejumlah isu-isu strategis pengembangan wilayah perbatasan, Minggu (11/9/2022). Uniknya, rombongan pejabat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri ini bertolak mengendarai sepeda.

Berangkat sekitar pukul 07.45 WIB dari Kecamatan Bantarsari, para pamong tersebut menempuh jarak hampir 50 kilometer sekitar 3 jam. Selanjutnya, Rakor digelar pada malam harinya di Hotel Horison Palma Pangandaran dan dibuka Sekda Cilacap. Hadir pula para Asisten Sekda, pejabat Sekretariat Daerah, Kepala OPD, serta Camat dari Patimuan, Kedungreja, dan Kampung Laut yang merupakan wilayah perbatasan.

Beberapa poin pembahasan tersebut meliputi permasalahan pada bidang infrastruktur, pendidikan, layanan kesehatan, ketentraman masyarakat dan ketertiban umum, pengawasan lalu lintas hewan, serta penanggulangan berbagai masalah sosial.

DSC 1765

“Kita tahu pariwisata di Pangandaran sangat maju. Dan Cilacap pun sebenarnya memiliki potensi dengan adanya Pulau Nusakambangan, tetapi masih di bawah Kemenkumham. Pantai kami yang 100 km lebih milik TNI AD. Mudah mudahan ini bisa menjadi pemikiran bersama, agar minimal kita bisa mengelola beberapa spot-spot di Nusakambangan”, kata Awal.

Pada bidang pendidikan, Pemkab Cilacap berupaya agar anak-anak di wilayah perbatasan mendapatkan akses layanan pendidikan terdekat. Baik untuk wilayah Pangandaran maupun sebaliknya. Demikian juga layanan kesehatan, masyarakat diharapkan dapan memperoleh akses pada fasilitas terdekat sesuai tempat tinggalnya.

“Termasuk penanganan PMKS jalanan seperti PGOT, anak jalanan, psikotik atau ODGJ. Ini juga perlu kita koordinasikan dengan baik bersama dengan Badan Kerjasama Antar Daerah KUNCI BERSAMA”, tambahnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran yang diwakili Sekretaris BAPPEDA, Asep Suhendar menyambut baik pembahasan kerjasama daerah perbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Dengan pola semacam ini, Pemkab Pangandaran yakin berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Cilacap dan Pangandaran dapat teratasi.

“Garis pantai Pangandaran mencapai 91 km, sehingga wisata air memang menjadi andalan. Luas wilayah 1.010 km2 dengan penduduk sekitar 423 ribu. Sebagai daerah baru juga PAD nya lebih kecil. Namun denan pola kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan”, jelasnya.(dn/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com