Asosiasi Pendeta Indonesia Diharapkan Jadi Wadah Komunikasi Antar Jemaat Gereja

Table of Contents

You are currently viewing Asosiasi Pendeta Indonesia Diharapkan Jadi Wadah Komunikasi Antar Jemaat Gereja

CILACAP – Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman berharap Asosiasi Pendeta Indonesia menjadi wadah komunikasi antar jemaat gereja. Tak lupa, Syamsul juga menekankan pentingnya toleransi antar umat beragama dalam merawat persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam pengukuhan pengurus DPC Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Kabupaten Cilacap periode 2022 – 2027, di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Selasa (13/9/2022).

“Cilacap merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah, dengan penduduk terbanyak kedua setelah Kabupaten Brebes. Dengan heterogenitas yang tinggi, saya bangga masyarakat Kabupaten CIlacap memiliki sikap toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang tinggi,” kata Syamsul.

Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar, Syamsul memberikan motivasi agar API DPC Kabupaten Cilacap berperan optimal dalam pelayanan umat. Toleransi ditekankan pada empat hal, yakni dalam kehidupan sehari-hari, toleransi dalam suasana pandemic Covid-19, toleransi dalam kemajuan teknologi, serta toleransi memasuki tahun politik.

Toleransi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saling menghormati antar pemeluk agama tanpa menyinggung hal-hal yang bersifat prinsipil. Sedangkan toleransi saat pandemic, yakni memberikan bantuan kepada anggota masyarakat yang lain berdasarkan asas kemanusian tanpa memandang latar belakang suku maupun agama.

DSC 1875

Toleransi dalam kemajuan teknologi, misalnya menggunakan media sosial dengan bijak tanpa menyinggung SARA, serta mengedepankan literasi untuk menghindari dampak negative penyebaran paham radikal. Dan toleransi memasuki tahun politik, yakni dengan tidak berlebihan dalam mendukung salah satu pasangan calon yang berpotensi merusak persatuan dan kerukunan.

“Kita berharap dan berdoa Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan keberkahan pada kegiatan ini. Dengan dilantiknya pengurus DPC API Kabupaten Cilacap, ada semangat baru untuk membersamai Pemkab Cilacap memajukan masyarakat”, kata Syamsul.

Ketua DPD API Provinsi Jawa Tengah, Joko Priyono berpesan agar pengurus DPC API Kabupaten Cilacap senantiasa mendukung Pemkab Cilacap dalam menyejahterakan masyarakat. “Usahakanlah kesejahteraan kotamu. Karena kesejahteraan kota itu akan menjadi kesejahteraanmu juga. Itu poin yang saya lihat cukup penting, bagaimana DPC API bertugas kedepannya”, kata Joko.

Ketua DPC API Kabupaten Cilacap periode 2022 – 2027, Samuel Sugiharjo beharap, organisasi yang beranggotakan para pendeta dari berbagai gereja dengan aliran masing-masing ini dapat menjadi wadah komunikasi antar umat Kristiani. Sehingga dapat menumbuhkan persatuan di antara mereka. “DPC API Kabupaten Cilacap akan terus bersinergi dan berkoordinasi, meski Cilacap cukup luas saya bangga teman-teman tetap kompak, bersatu di Kabupaten Cilacap. Kita tingkatkan kebersamaan dan kekompakan melalui kerjasama”, tegasnya.(dn/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com