Deteksi Dini Penyakit, Pabuwaran Gelar Posbindu

Table of Contents

PURWOKERTO – Guna mendeteksi dini terhadap penyakit, Kelurahan Pabuwaran Kecamatan Purwokerto Utara, Senin (12/09/2022), menggelar kegiatan Posbindu (Pos Binaan Terpadu) di aula kelurahan.

Ketua Posbindu Kelurahan Pabuwaran, Wanginah mengatakan, Pos Binaan Terpadu di Kelurahan Pabuwaran rutin di laksanakan tiap bulan. Yakni tiap Senin pekan kedua bekerja sama dengan Puskesmas Purwokerto Utara 02.

“Posbindu pada September 2022 di laksanakan Senin (12/09/2022). Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar,” jelas Wanginah seperti di kutip suarabanyumas.com dari pabuwaran.purwokertoutarakec.banyumaskab.go.id.

Baca Juga : Luas Lahan Pertanian Pangan Banyumas Capai 26.394 Ha

Lebih lanjut ia menyatakan, Pos Binaan Terpadu tersebut di ikuti sebanyak 35 orang. Mereka berasal dari masyarakat dan perangkat Kelurahan Pabuwaran. Adapun pengurus Pos Binaan Terpadu yang hadir dan merupakan kader kesehatan sebanyak 10 orang.

“Untuk Posbindu hari ini hasilnya rata-rata bagus. Hanya ada beberapa orang yang cek tensi, asam urat dan gula darahnya agak tinggi. Untuk cek kolesterol tidak ada, karena stik untuk cek kolesterol sedang kosong,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan Posbindu di Kelurahan Pabuwaran masih ada beberapa kendala. Di antaranya ada warga yang rumahnya jauh dari aula kelurahan, sehingga belum bisa maksimal mengikuti Pos Binaan Terpadu.

“Warga yang datang ke Posbindu kebanyakan dari warga yang tinggalnya dekat dengan kelurahan. Seperti warga di wilayah RW 03, sedangkan untuk yang jauh sedikit yang datang,” ungkapnya.

Di sosialisasikan

Wanginah berharap, ke depan kegiatan Posbindu agar lebih di sosialisasikan lagi. Sehingga warga yang datang ke Pos Binaan Terpadu bisa meningkat.

Perlu di ketahui, kegiatan Posbindu merupakan kegiatan yang bertujuan untuk monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM (Penyakit Tidak Menular). Seperti penyakit jantung, diabetes (penyakit gula), paru, asma dan kanker.

Kemudian gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang di kelola oleh masyarakat (kader kesehatan) melalui kegiatan pembinaan.

Baca Juga : Bentuk Blangkon Ternyata Tunjukkan Identitas

Kegiatan Pos Binaan Terpadu menyasar semua masyarakat usia 15 tahun ke atas. Baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko, maupun masyarakat yang memiliki kasus PTM (Penyakit Tidak Menular).(*-7)

 

Sumber : pabuwaran.purwokertoutarakec.banyumaskab.go.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com