Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jawa

Table of Contents

CILACAP – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi gelombang tinggi di laut perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa pada 13-14 September 2022.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Deas Achmad Rivai mengatakan, gelombang maksimum di laut perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa dalam rentang waktu itu potesinya mencapai 2,5-4 meter.

(Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Tengah dalam Tiga Hari ke Depan, 10-12 September 2022, Berikut Ini Daftar Daerahnya)

Laut perairan dan Samudera Hindia itu meliputi selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk di selatan Cilacap.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pengguna aktivitas maritim untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.

Sementara itu, BMKG mengamati pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya. Angin itu memiliki kecepatan berkisar 6-15 knot.

(Baca Juga: BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem dalam Satu Pekan ke Depan)

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, angin dominan bergerak dari timur-tenggara. Angin memiliki kecepatan berkisar 10-25 knot. (day-6)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com