Bencana Banjir Bisa Dicegah, Begini Caranya!

Table of Contents

PURWOKERTO – Bencana banjir tidak hanya di sebabkan oleh tingginya curah hujan. Namun juga bisa terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, upaya pencegahan terjadinya bencana banjir perlu di lakukan. Di perlukan kesadaran bersama untuk mencegah terhadap bencana tersebut.

Di kutip dari akun facebook Bpbd Banyumas, ada sejumlah langkah yang bisa di lakukan untuk mencegah terjadinya bencana banjir. Berikut penjelasannya.

1 Jaga Lingkungan Sekitar

Lingkungan harus terus di jaga. Pasalnya seringkali bencana banjir di sebabkan rusaknya lingkungan sekitar. Aktivitas membuang sampah di sembarang tempat bisa memicu terjadinya banjir. Apalagi sampah tersebut di buang di saluran air/selokan atau sungai.

Bila sampah di buang ke saluran air atau sungai, maka aliran air menjadi terhambat. Akibatnya bencana banjir bisa terjadi.

Baca Juga : Berikut Daftar 10 SMA/SMK Terbaik di Banyumas

2. Lakukan Program Tebang Pilih dan Reboisasi

Dalam menebang pohon tidak boleh di lakukan secara sembarangan. Apalagi bila penebangan itu di lakukan di hutan.

Bila penebangan pohon sembarangan tanpa adanya perhitungan, maka hutan akan menjadi gundul. Akibatnya bisa di tebak, yakni bencana banjir bisa menerjang.

Setelah melakukan penebangan pohon, hendaknya juga di imbangi dengan upaya reboisasi atau peremajaan. Dengan adanya peremajaan, maka hutan akan kembali hijau dan fungsi penahan erosi akibat air tetap berjalan.

3. Buat Sumur Resapan

Langkah membuat sumur resapan bisa di lakukan di sekitar rumah. Upaya ini setidaknya dapat mengurangi terjadi banjir, terutama di kawasan permukiman.

Dengan adanya sumur resapan dengan jumlah yang banyak, maka air hujan tidak langsung mengalir ke permukiman yang menyebabkan banjir. Tetapi air hujan akan masuk ke dalam tanah melalui sumur resapan.

4. Hindari Membangun Rumah di Pinggir Sungai

Membangun rumah di pinggir sungai bisa membahayakan penghuni rumah tersebut. Terutama saat debit air sungai meningkat. Oleh sebab itu, hindari mendirikan rumah di pinggir sungai.

Baca Juga : Tanggul Jalan di Pinggir Kali Cibodas Roboh

Selain itu, dengan membangun rumah di pinggir sungai, maka juga akan menghambat aliran air. Pasalnya aliran sungai menjadi menyempit karena keberadaan bangunan rumah tersebut.(*-7)

 

Sumber : Bpbd Banyumas

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com