Nyamuk Bikin Jengkel, Yuk Usir dengan Cara Alami!

Table of Contents

PURWOKERTO – Sebagian masyarakat saat ini mungkin di buat jengkel dengan kehadiran nyamuk. Selain mengganggu aktivitas di rumah, keberadaan nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya penyakit demam berdarah yang membahayakan.

Berbagai cara pun di lakukan agar rumah terhindar dari keberadaan nyamuk. Banyak di antara masyarakat yang menggunakan obat kimiawi untuk mengusirnya.

Kendati demikian, tidak salahnya bila mengusir hewan tersebut di lakukan dengan menggunakan cara-cara yang alami. Cara ini juga di nilai lebih aman

Di kutip dari alodokter.com, setidaknya ada tujuh cara mengusir nyamuk dengan cara yang alami. Berikutnya caranya :

Baca Juga : 183 Warga Kalicupak Terima BLT Kompensasi BBM

1. Menyemprotkan minyak kayu manis

Dalam sebuah penelitian, minyak kayu manis dapat membasmi telur nyamuk dan yang berukuran besar. Dalam menggunakannya cukup dengan mencampurkan 120 ml air dengan 24 tetes (1/4 sendok teh) minyak kayu manis.

Selanjutnya, semprotkan cairan tersebut ke pakaian, barang, dan tanaman. Semprotkan juga cairan minyak kayu manis di sekitar rumah atau tempat-tempat yang menjadi sarangnya.

Selain itu, minyak kayu manis ternyata juga bisa di oleskan pada kulit. Namun demikian, tetap hati-hati dalam penggunaannya karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

2. Mengoleskan minyak serai wangi

Minyak serai atau minyak citronella dapat di gunakan untuk mengusir nyamuk. Efektivitas minyak serai dalam mencegah gigitan nyamuk di ketahui serupa dengan minyak kayu manis. Bahkan DEET yang terkandung dalam losion antinyamuk.

Kemudian bila di oleskan ke kulit, minyak serai dapat melindungi kulit dari gigitannya hingga 2 jam. Bila di butuhkan, dapat di oleskan lagi beberapa saat kemudian.

3. Mengoleskan minyak kedelai

Minyak kedelai terbukti efektif mencegah gigitan hewan ini, terutama nyamuk Anopheles. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih tahan lama dan aman di gunakan untuk anak-anak. Minyak serai juga bisa di campur dengan minyak kedelai untuk hasil yang lebih efektif dalam menangkal berbagai jenis nyamuk.

Baca Juga : Sembilan Orang Meninggal Akibat Demam Berdarah

4. Menggunakan minyak lemon eukaliptus

Minyak lemon eukaliptus sudah sejak lama di gunakan untuk mencegah gigitannya. Bahkan lebih tahan lama dalam melindungi kulit, yaitu sekitar 3 jam.

Selain minyak lemon, juga bisa memanfaatkan minyak kutus-kutus untuk mengusir nyamuk. Meski alami, minyak lemon eukaliptus tidak boleh di gunakan pada anak di bawah usia 3 tahun.

5. Mengenakan pakaian panjang

Pakaian panjang juga efektif untuk mengusir hewan kecil ini. Pilihlah bahan pakaian yang mudah menyerap keringat agar perlindungan dari gigitan dapat di rasakan secara maksimal tanpa terasa gerah. Hindari warna pakaian yang gelap, karena akan menarik perhatian nyamuk.

6. Menyalakan kipas angin

Angin yang di hasilkan kipas angin akan membuat nyamuk sulit terbang atau bergerak di udara. Hal ini dapat mencegahnya hinggap di kulit, sehingga dapat di gunakan sebagai cara mengusir secara alami.

Baca Juga : Diduga Berbuat Asusila, Kades Cilongok Dituntut Mundur

7. Mengeringkan genangan air

Genangan air di sekitar rumah merupakan tempat terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Oleh karena itu, tutup semua benda yang berpotensi menjadi tempat genangan air. Seperti kolam, pot bunga yang tidak terpakai, tempat sampah, dan bak mandi.

Begitulah cara mengusir nyamuk secara alami yang dapat di terapkan di rumah dengan aman. Selamat mencoba!(*-7)

Sumber : alodokter.com

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com