Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui UMKM

Table of Contents

You are currently viewing Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui UMKM

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap menggelar UMKM Cilacap Festival 2022 bertempat di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Jalan Dr. Soetomo No. 10, hari Kamis – Sabtu tanggal 15-17 September 2022.

Acara UMKM Cilacap Festival 2022 dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 21.00. Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman yang hadir dan membuka festival ini mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh DPKUKM, Asosiasi UMKM dan Bank Jateng sebagai wujud pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Syamsul melanjutkan, ada tiga hal yang sangat erat dengan UMKM, yaitu masalah kemampuan (capability), masalah permodalan dan pemasaran. Melalui event seperti ini Syamsul berharap agar pemerintah dan juga perbankan bisa memberikan pelatihan, pengetahuan bahkan modal serta mendukung produk UMKM agar UMKM di Cilacap semakin maju.

DSC 2051
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.

“Semangat terus dan manfaatkan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kemampuan, jangan putus asa masalah permodalan, terus berupaya dan belajar masalah pemasaran. Insya Allah UMKM akan maju. Nitip Tekani Tukoni UMKM yang ada di Cilacap. Kalau bukan kita yang peduli siapa lagi?” ujarnya.

Dalam laporannya Kepala DPKUKM Umar Said mengatakan akan ada banyak kegiatan dalam UMKM Cilacap Festival 2022, diantaranya bazaar kuliner, pameran kerajian, pelatihan, lomba hingga pagelaran fashion.

DSC 2027
Kepala DPKUKM Cilacap Umar Said.

“Diikuti oleh 400 UMKM di Cilacap yang terbagi dalam kegiatan bazaar, pelatihan, festival dan lomba. Dalam gelaran selama tiga hari ini akan ada bazaar kuliner, pameran kerajinan, pelatihan-pelatihan seperti ecoprint dan optimalisasi media sosial, lomba masak olahan ikan dan lomba menggambar untuk anak sekolah, pagelaran fashion khas Cilacap, akustik serta karaoke,” ungkapnya.

Ketua Asosiasi UMKM Cilacap Suwaryan mengajak kepada teman-teman warga Cilacap yang menyukai kopi, kuliner, fashion dan craft untuk bisa mengunjungi UMKM Cilacap Festival 2022.

“Kami mewakili teman-teman UMKM dari ujung barat hingga ujung timur, kuliner ada 30, non kuliner seperti fashion dan craft ada 15, kopi ada 4. Jadi sasarannya adalah teman-teman pecinta kopi, kuliner, fashion bisa datang kesini. Nanti ada motor custom juga,” ajaknya.

Dalam pembukaan UMKM Cilacap Festival 2022 juga dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat halal kepada 10 pelaku UMKM dengan produk seperti serundeng kelapa, aneka snack, sambal tuna, kremesan dan bubuk minuman coklat dan juga kopi serta penyerahan sertifikat HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) secara simbolis kepada Herwin May Sidik dengan merek Beras Super BAN-JARAN dan Beras Super Lesung Kencana. (mia/kominfo)

 

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com