Antisipasi Dampak Abrasi, Kodim 0703/Cilacap Bersama Stakeholder Laksanakan Mitigasi Bencana di Pantai Tegalkamulyan

Table of Contents

You are currently viewing Antisipasi Dampak Abrasi, Kodim 0703/Cilacap Bersama Stakeholder Laksanakan Mitigasi Bencana di Pantai Tegalkamulyan

CILACAP – Kodim 0703/Cilacap melaksanakan Mitigasi Bencana Alam di Pantai Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Tengah, Rabu (14/09/2022). Kegiatan diawali Apel bersama yang di pimpin Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi.

Turut hadir Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Wijonardi, Kepala Bidang Sungai dan Pantai Dinas PSDA Kabupaten Cilacap Muhammad Munif, Sekcam Cilacap Selatan Kukuh Setiaji, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniati.

Hadir pula Area Manager Comrel dan CSR PT KPI RU IV Cilacap Asep Supriyatna dan perwakilan Direktur Operasional PT S2P Cilacap Sarjoko.  Apel diikuti ratusan anggota TNI jajaran Kodim 0703/Cilacap, Satpol PP, Pemuda Pancasila, Mitra Bina Wijaya Cilacap serta warga galkamulyan.

Pada kesempatan ini Dandim mengajak kepada peserta apel untuk menjaga kelestarian alam. Terlebih stakeholder di Kabupaten Cilacap juga memiliki tugas dan tanggungjawab yang sama dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana.

WhatsApp Image 2022 09 14 at 21.46.49

“Sehingga kami menyatukan tekad dan visi kami termasuk dengan seluruh Stakeholder, termasuk DLH juga, bagaimana program observasi itu sendiri seperti apa, kemudian mengembalikan lagi fungsi alam dalam bentuk program restorasi”, jelasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Wijonardi menjelaskan sepanjang garis pantai di Cilacap saat ini kondisinya kritis karena mengalami abrasi. Ketika terjadi kerusakan di Pantai Lengkong beberapa waktu lalu, PSDA Bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak telah melakukan kajian, dan didapat bahwa detail engeneering design (DED) tanggul di sepanjang pesisir tersebut sederajat.

Oleh karena itu, dia berharap penanganan tersebut dapat segera dilaksanakan. “Karena kalau tidak, kita khawatir masyarakat terancam. Ancaman ini tidak bisa kita abaikan karena ada memiliki 370 ribu jiwa yang terancam”, jelasnya.(dn/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com