Selaraskan APBD Tahun 2023 dengan RPD 2023-2026, Pemkab Alokasikan Anggaran Sesuai Prioritas

Table of Contents

You are currently viewing Selaraskan APBD Tahun 2023 dengan RPD 2023-2026, Pemkab Alokasikan Anggaran Sesuai Prioritas

CILACAP – Menanggapi pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap tentang APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2023, Pemerintah Kabupaten Cilacap telah menyelaraskan penyusunan APBD Tahun 2023 dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap dengan agenda Penyampaian Tanggapan dan/atau Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Tentang APBD Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2023, Jumat (16/9/2022) di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Cilacap.

Tanggapan yang disampaikan diantaranya terkait peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, peningkatan mutu pelayanan di puskesmas, penanganan angka kemiskinan, dukungan terhadap UMKM, Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), percepatan pembangunan desa, penanganan stunting, penyelesaian permasalahan agrarian, pertanian dan infrastruktur.

Wakil Bupati juga menjelaskan bahwa penyusunan APBD Tahun 2023 telah selaras dengan RPD Tahun 2023-2026 dengan alokasi anggaran yang telah disesuaikan dengan prioritas. Alokasi anggaran tersebut diantaranya pemantapan infrastruktur sebesar 333,4 miliar, peningkatan ekonomi untuk percepatan pengurangan kemiskinan sebesar 154,4 miliar rupiah.

“Peningkatan kualitas hidup dan SDM 1,3 triliun, tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani 1,04 triliun, dan peningkatan kondusivitas wilayah dan penguatan ketahanan bencana 33,7 miliar,” ungkapnya.

Terkait dengan inflasi daerah akibat penyesuaian harga BBM, Pemkab juga akan melakukan sinkronisasi terkait anggaran Perangkat Daerah, meningkatkan koordinasi dan melakukan monitoring serta evaluasi terhadap ketersediaan dan distribusi bahan pokok makanan secara periodik.

Dalam rangka pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak, Syamsul menjelaskan, Pemkab telah berupaya mengalokasikan anggaran melalui program pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak sebesar 288,26 juta rupiah.

“Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya melalui penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan di berbagai lapisan masyarakat, sekolah maupun organisasi kemasyarakatan, baik secara langsung maupun webinar,” jelasnya.

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil DPRD Kabupaten Cilacap Purwati dan dihadiri serta diikuti oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, Sekretaris DPRD Kabupaten Cilacap Sumaryo, Forkopimda dan pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap.

Di akhir tanggapannya, Wakil Bupati Syamsul mengucapkan terimakasih kepada fraksi-fraksi DPRD yang telah menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda Kabupaten Cilacap tentang APBD TA 2023, “tak lupa saya sampaikan terimakasih kepada fraksi-fraksi karena setuju untuk membahas lebih lanjut Raperda Kabupaten Cilacap tentang APBD TA 2023 yang telah kami ajukan,” pungkasnya. (mia/kominfo)

DPRD

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com