Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama, Wabup : Saring Dulu baru Share

Table of Contents

You are currently viewing Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama, Wabup : Saring Dulu baru Share

CILACAP – Upaya Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama terus dilakukan. Berbagai kegiatan dijalankan secara berkesinambungan demi mempererat tali silaturahmi di tengah-tengah kemajemukan masyarakat, seperti yang digelar di Kantor Kecamatan Cilacap Tengah, Senin (19/9/2022).

Acara Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama ini dihadiri oleh Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Camat Cilacap Tengah Bambang Wijoseno, Kabag Kesra Muhammad Najib, perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Syamsul dalam arahannya, mengingatkan mengenai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaanya. Catatan sejarah mengatakan Bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan bukan hanya karena perjuangan satu kelompok agama saja, melainkan juga dari berbagai agama dan penganut kepercayaan.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.

“Kalau waktu itu pendahulu kita masih memegang egoisme keagamaan, kesukuan, kedaerahan dan kelompok, kemudian merasa agamanya paling benar, sukunya paling benar, maka kita tidak akan merdeka. Politik Devide et Impera akan terus berkembang dan kita akan terus terjajah,” kata Wabup.

Karena itu ia mengajak agar seluruh warga Cilacap semakin meningkatkan sikap menghormati dan toleransi antar umat beragama agar kerukunan di tengah masyarakat yang beragam dapat terwujud dan terjaga.

Mendekati tahun politik, Wabup juga mengingatkan agar masyarakat nantinya tidak terlalu berlebihan dalam berpendapat mengenai pilihannya. Ia menghimbau agar masyarakat lebih bijak dalam menyampaikan pendapatnya, baik dalam perbincangan langsung, maupun dalam media sosial. Dalam membagikan informasi pun, Wabup meminta agar warga  Cilacap lebih selektif. Sehingga berita hoax tidak tersebar luas di masyarakat.

“Jangan sampai nanti akhirnya ada permusuhan dan perpecahan setelah tahun politik. Dan Kembali saya ingatkan, jangan share sebelum di saring. Setiap informasi yang didapat harus benar-benar kita saring. Baru setelah itu kita share,” tutupnya. (enka)

IMG 4581 scaled

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com