BPS Cilacap Gelar Rakorkab Regsosek

Table of Contents

You are currently viewing BPS Cilacap Gelar Rakorkab Regsosek

CILACAP – Untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi eksternal dan internal dalam rangka pelaksanaan kegiatan pendataan awal registrasi sosial ekonomi di Kabupaten Cilacap antara Badan Pusat Statistik (BPS), instansi pemerintahan, dan masyarakat, BPS Kabupaten Cilacap menggelar acara rapat koordinasi yang diselengarakan di Fave Hotel Cilacap, Selasa (20/09/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema mencatat untuk membangun negeri, satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat dihadiri Bupati Cilacap yang diwakili Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri, Kepala Dinas Sosial Arida Puji Hastuti, Kepala BPS Cilacap  Isnaini, para Camat, Lurah, Kepala Desa, perwakilan OPD dan undangan lain.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Cilacap Isnaini mengatakan, pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

“Data Regsosek ini akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten karena terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan”, jelas Isnaini.

Pihaknya mengajak kepada seluruh peserta dan masyarakat pada umumnya untuk dapat mensukseskan kegiatan pendataan awal registrasi sosial ekonomi yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober – 14 November 2022. Dengan sasaran 100 persen penduduk/keluarga pada 514 Kabupaten/Kota.

“Pendataan awal regsosek menggunakan pendekatan keluarga dengan memperhatikan domisili semua anggota keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga (KK)”, pungkasnya.

Sekretaris Daerah Cilacap Awaluddin Muuri saat membuka Rakorkab Regsosek ditandai dengan pemukulan Gong
Sekretaris Daerah Cilacap Awaluddin Muuri saat membuka Rakorkab Regsosek ditandai dengan pemukulan Gong

Bupati Cilacap yang diwakili Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri mengatakan, pendataan awal registrasi sosial ekonomi atau Regsosek Tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat dan diharapkan akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan sebuah program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah gunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan.

“Karena begitu penting dan efeknya data yang dihasilkan khususnya para Camat, Lurah, Kepala Desa diharapkan untuk mendukung segala kegiatan dalam Regsosek ini dan meneruskan informasi kepada para ketua RT ketua RW sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancer, salah satunya dengan cara menerima petugas Regsosek secara terpusat dan memberikan jawaban dengan jujur sesuai kondisi yang ada sehingga data yang didapatkan merupakan data yang berkualitas”, ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada keluarga besar BPS Kabupaten Cilacap yang telah berperan aktif dalam mendukung kesuksesan berbagai program pembangunan di Kabupaten Cilacap dan apa yang sudah dilakukan selama ini untuk ditingkatkan di masa-masa mendatang sebagai salah satu implementasi kebijakan program Bangga Mbangun Desa dalam mewujudkan Cilacap yang semakin sejahtera secara merata. (wd/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com