Alumni Fisip Unsoed Luncurkan Aplikasi IKAFU.ID

Table of Contents

PURWOKERTO – Ikatan Alumni FISIP Unsoed (Ikafu) meluncurkan aplikasi IKAFU.ID.

Aplikasi ini di siapkan sebagai upaya mempererat  dan memperkuat tali silaturahmi antar-anggota, sekaligus membuka peluang bisnis digital melalui jejaring alumni dan kolega, serta relasi berbagai pihak.

Seketaris Jenderal (Sekjen) Ikafu, Nazarudin Latif mengatakan, sebagai tahap awal  aplikasi Ikafu tersebut baru bisa di unduh di playstore. 

Latief menerangkan, tata cara mengakses aplikasi,  yakni langkah pertama masuk ke playstore kemudian ketik di kolom pencarian/search “IKAFU.ID”. 

Baca Juga : Pergerakan Tanah Level Menengah dan Tinggi Tim Bencana Diminta Pantau

“Kami baru melakukan soft launching, sedang menggali masukan dari para alumni untuk pengembangan aplikasi ini,”  katanya, Rabu (21/09/2022). 

Dalam aplikasi itu, kata dia, di rancang ada tiga fitur utama. Pertama kartu anggota dalam bentuk e-card dan kabar berita.

E-Card adalah fitur kartu tanda anggota elektronik Ikafu. 

“Pemegang kartu ini akan mendapatkan beberapa keuntungan.  Antara lain bisa mendapatkan diskon dari para penyedia produk baik barang maupun jasa,”ujar dia.

Sejauh ini,  kata dia, berbagai kerja sama telah di lakukan. Di antaranya dengan Indah Logistik (Layanan Pengiriman Paket), Laman Dosen (schoters.lamandosen.com) dan #KebeletPiknik (Layanan Jasa Travelling). 

Benefit untuk para pemegang kartu, lanjut Latief, akan terus di kembangkan.  

Misalnya dengan menggandeng para pengelola tempat wisata untuk memberikan  diskon tiket masuk, diskon hotel hingga perjalanan kereta api.

Dia menilai, gairah kewirausahawan di kalangan alumni cukup besar. Ini terbukti dari banyaknya alumni yang menjadi pengusaha, baik jual beli barang maupun jasa. 

Selain itu, jumlah alumni yang sudah mencapai 10.000 orang dan terus bertambah tiap tahun, kata dia,  menjadi potensi pasar yang cukup besar.

Humas Ikafu Dian Deliana mengatakan, untuk anggota Ikafu yang mempunyai usaha bisa ikut sebagai penyedia diskon, merchandise. 

Menurutnya. fitur lain yang sudah tersedia di aplikasi ini adalah berita yang berisi informasi terkait dengan aktivitas alumni, aktivitas kampus FISIP, beasiswa, lowongan kerja, berita duka, informasi prestasi dan lain-lain.

“Fitur ini membuat para alumni tidak ketinggalan berita tentang kampus dan dunia pendidikan lain,” ujar Dian.

Lebih lanjut Dian mengatakan, fitur lain yang sedang di kembangkan adalah marketplace yang akan menjadi menu andalan IKAFU.ID. 

Baca Juga : Bulan Dana PMI Targetkan Dana Terkumpul Rp 2 Miliar

Fitur marketplace ini akan membantu pengembangan usaha para alumni dengan semangan kekeluargaan atau “teman bantu teman”.

“Lebih baik beli di toko teman sendiri lah, menjalin silaturahmi sekaligus bantu teman,” ujarnya. 

Ke depan, fitur ini juga akan digunakan untuk menggalang pendanaan baik untuk aktivitas sosial, beasiswa maupun kebencanaan. (aw-7)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com