Pascasarjana UMP Terapkan Program Internasionalisasi

Table of Contents

PURWOKERTO – Sebagai upaya untuk terus meningkatkan mutu, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) saat ini menerapkan program internasionalisasi.

Direktur Program Pascasarjana UMP, Dr Furqanul Aziez MPd menjelaskan, program internasionalisasi ini selaras dengan visi, yakni menjadi Program Pascasarjana yang unggul di tingkat kawasan.

Program Pascasarjana telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di tingkat kawasan yang dipandang memiliki kualitas bagus, misalnya dengan Universitas Teknologi Malaysia (UTM), Islamic International University of Malaysia (IIUM).

Kemudian University of Social Sciences and Humanities (USSH) di Vietnam, Fatoni University Thailand, Angeles University di Philipina dan lain sebagainya.

Dengan melakukan kerja sama, diharapkan ada persamaan persepsi dalam mengelola perguruan tinggi yang berkualitas level internasional. ”Terkait layanan kita upayakan tidak boleh berada di bawah perguruan tinggi luar negeri, setidaknya sama dengan mereka,” ujarnya didampingi Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia Dr Kuntoro MHum.

Baca Juga : Empat Mahasiswa PGSD UMP Terpilih Jadi Presenter di International Conference

Program Pascasarjana UMP juga mendatangkan dosen tamu dari luar negeri. ”Harapannya para mahasiswa bisa memiliki pengalaman terkait perkuliahan di perguruan tinggi yang ada di luar negeri,” jelasnya.

UMP juga mengikuti standar mutu yang ditetapkan pemerintah, sehingga lulusan yang dihasilkan berkualitas. Kondisi itu menjadikan UMP yang sekarang rektornya dijabat oleh Dr Jebul Suroso SKp,Ns,MKep mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Acara Wisuda

Ini terlihat dari minat masyarakat yang tinggi untuk menempuh pendidikan di UMP, termasuk di Program Pascasarjana. Dalam acara wisuda Sabtu (24/9) ini, ada 1.805 mahasiswa yang diwisuda. Dari jumlah itu, 60 orang merupakan wisudawan dari Program Pascasarjana.

‘’Ini termasuk banyak, sebab biasanya jumlah mahasiswa Program Pascasarjana yang diwisuda sekitar 20, 25 atau maksimal 40 orang,” terangnya.

Mereka yang kuliah di program ini juga beragam latar belakangnya, mulai dari pendidik, pejabat hingga pengusaha. Salah satu mahasiswa Program Pascasarjana yang diwisuda adalah pasangan suami istri Hari Abdulah Rizal MPd dan Tri Khasanah MPd.

Hari Abdulah merupakan Pimpinan Penerbit dan Percetakan CV Trik Jitu Purbalingga dan Tri Khasanah sebagai guru SDN 1 Bojong Koorwilcam Dindikbud Mrebet Kabupaten Purbalingga.

Kelulusan mahasiswa yang kuliah di Program Pascasarjana, rata-rata tepat waktu. Hal ini yang menjadikan Program Pascasarjana memeroleh nilai tinggi dalam akreditasi.

Baca Juga : Tiga Dosen UMP Lolos Sertifikasi Kompetensi Magang Industri

Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana UMP, Dr Kuntoro MHum menambahkan, para alumni Pascasarjana UMP tersebar di berbagai profesi. ”Ada yang menjadi dosen di UIN Saizu, Universitas Siliwangi, Universitas Peradaban, ada yang menjadi pemilik penerbitan, dan lain sebagainya,” tandasnya.(set-7)

 

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jl. Raya Bantarsari, Bantarsari, Kec. Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281

© 2022 made by: sketsaemas.com