ORARI Dalam Pusaran Digitalisasi | Website Resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap

Table of Contents

You are currently viewing ORARI Dalam Pusaran Digitalisasi

CILACAP – Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) telah menjadi media komunikasi yang efektif, jauh sebelum era Revolusi Industri 4.0. Kekinian, tantangan yang dihadapi semakin besar terutama perubahan perilaku manusia dan kecepatan informasi dalam perkembangan teknologi digital.

“Saya berharap jajaran pengurus ORARI Lokal Kabupaten Cilacap terus melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat”, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Supriyanto, saat mewakili Bupati dalam Musyawarah Lokal XI ORARI Lokal Kabupaten Cilacap Tahun 2022.

Menurut Supriyanto, ORARI memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui radio telekomunikasi. Pihaknya mendorong agar seluruh anggota ORARI dapat menjalankan perannya dalam menyampaikan informasi penting, terutama dalam peristiwa kebencanaan ketika infrastruktur telekomunikasi lainnya terganggu.

Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah, Praharto menegaskan, sudah saatnya ORARI Lokal Cilacap melakukan regenerasi. Tujuannya untuk menyegarkan organisasi, meneruskan, serta menjaga organisasi dan berkolaborasi dengan lajunya perkembangan teknologi komunikasi pada era Revolusi Industri 4.0.

DSC 2828

“Salah satu organisasi yang punya kode etik dan berbasis teknologi adalah Amatir Radio (ORARI). Mudah mudahan nanti pengurus yang akan datang segera merekrut generasi muda. Karena band-band kita banyak, tapi belum sepenuhnya dikuasai anggota”, kata Praharto.

Ketua ORARI Lokal Cilacap, Anwar Fauzi mengakui, saat ini masih sangat sedikit generasi muda yang ingin menjadi Amatir Radio. Kondisi yang sama juga terjadi di beberapa daerah, yang bahkan tidak memiliki calon Amatir Radio muda.

“Ini fenomena kita. Tapi meskipun demikian, mereka merupakan sisa-sisa kejayaan ORARI zaman dulu. Nanti akan kita sampaikan di Muslok ini apa saja yang menjadi kendala selama ini”, jelasnya.

Musyawarah Lokal ORARI Lokal Kabupaten Cilacap Tahun 2022 mengangkat tema “ORARI Lokal Kabupaten Cilacap Siap Menuju Era Digitalisasi Melalui Peningkatan Kemandirian Anggota”. Dalam hal ini, inovasi maupun kreativitas sangat diperlukan untuk menjawab tantangan organisasi di era digital.(dn/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com