Bantu Pemecahan Masalah BUM Desa di Cilacap, Tim Rispro LPDP Unsoed Serahkan Naskah Akademik

Table of Contents

CILACAP – Tim Riset Inovatif Produktif Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (Rispro LPDP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menyerahkan naskah akademik rancangan Perda Badan Usaha Milik (BUM) Desa kepada dua instansi di Kabupaten Cilacap yakni Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades).

Serah terima naskah akademik ditandai dengan penandatanganan berita acara antara perwakilan Unsoed yang diwakili Ketua LPPM Unsoed, Prof Dr Rifda Naufalin MSi, Ketua Rispro LPDP Unsoed, Dr Dewi Susilowati Ak CA dengan pihak Pemkab Cilacap yaitu Kepala Bappeda Cilacap, Ir Sujito MSi dan Kepala Dispermades Cilacap, Bintang Dwi Cahyono AP MM, di Kantor Bappeda Cilacap, Kamis (22/9) lalu.

Ketua Tim Rispro LPDP Unsoed, Dr Dewi Susilowati Ak CA menjelaskan, naskah akademik ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian pendampingan Badan Usaha Milik (BUM) Desa di Cilacap selama hampir 2 tahun.

(Baca Juga: Dear Warga Cilacap, Ada Pembebasan Denda Pajak dan Gratis Balik Nama Kendaraan Bermotor, Catat Ketentuan dan Waktunya)

Seusai kegiatan lapangan, pihaknya melakukan pendekatan secara yuridis untuk memecahkan berbagai macam persoalan BUM Desa di daerah tersebut.

“Bulan Mei lalu di Hotel Atrium Cilacap, kami melakukan serangkaian focus group discussions untuk menyiapkan penyusunan naskah ademik ini. Selanjutnya Tim Rispro LPDP akan mengawal pengimplementasiannya dengan menggandeng dinas-dinas setempat,” ujarnya.

Menurut Dewi, penyusunan naskah akademik ini menunjukkan keseriusan Tim Rispro LPDP Unsoed untuk menangani permasalahan BUM Desa di Cilacap.

Pintu Pembuka

Harapannya, tahapan ini menjadi pintu pembuka bagi instansi terkait untuk mengambil langkah yang tepat terkait permasalahan dalam lembaga desa tersebut.

(Baca Juga: Wakil Jawa Tengah untuk OSN Tingkat Nasional 2022, Berikut Ini Profil Najwa Millati Azka Siswa MAN 2 Cilacap)

Naskah akademik tersebut, kata dia, akan menjadi rancangan Peraturan Daerah Cilacap tentang BUM Desa.

Adapun Tim Rispro LPDP Unsoed sendiri adalah periset yang berada di bawah naungan LPDP Kementerian Keuangan dan beranggotakan 6 periset, 2 administrator, serta 1 asisten lapangan.

Dr Dewi Susilowati Ak CA menjabat sebagai ketua tim, dengan anggota periset Christina Tri Setyorini, MSi Ak CA PhD, Karina Odia Julialevi MSi Ak CA, Prof Ir Purnama Sukardi PhD, Warsidi MSi Ak CA dan Miftakhul Janah.

Untuk menunjang kelancaran proses administrasi dan implementasi riset di lapangan, tim ini juga memiliki dua administrator yaitu Rahma Yulita Kemalasari dan Andaria Dyah WKD serta satu asisten lapangan, yaitu Rizki Aprilia Sugesti.

(Baca Juga: Olimpiade Sains Nasional 2022, Siswa MAN 2 Cilacap Ini Wakili Jawa Tengah di Tingkat Nasional)

Kepala Bappeda Cilacap, Sujito berterima kasih kepada Tim Rispro LPDP Unsoed yang berkomitmen dan telah membantu pemerintah daerah dalam pemecahan masalah terkait isu perdesaan.

“Kami senang dengan adanya naskah akademik ini, karena dapat membantu untuk memetakan masalah-masalah perkembangan BUM Desa dan menyusun langkah yang tepat sebagai tindak lanjut,” katanya. (ns-2)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com