Layanan Informasi Publik Harus Cepat dan Informatif

Table of Contents

You are currently viewing Layanan Informasi Publik Harus Cepat dan Informatif

CILACAP – Berbagai upaya dilakukan Pemkab Cilacap untuk pembenahan layanan informasi publik. Mulai dari penataan kebijakan dan regulasi, instruksi/arahan peraturan perundang-undangan, hingga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung era keterbukaan informasi publik, di mana pelayanan harus dilakukan secara cepat dan informatif. Untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, perlu koordinasi dan kolaborasi sehingga pelayanan informasi publik kepada masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik.

“Mengingat pentingnya keterbukaan informasi dalam sistem pemerintahan, diperlukan adanya pengelolaan informasi yang baik”, kata Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sherly Diah Permanasari mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Selasa (27/9/2022).

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Layanan Informasi Publik di lingkungan Pemkab Cilacap ini digelar untuk meningkatkan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam mengelola dan melayani kebutuhan informasi masyarakat, khususnya melalui website.

“Aplikasi PPID Utama Cilacap sekarang juga sudah dapat diunduh melalui Playstore. Masyarakat yang membutuhkan informasi bisa memanfaatkan berbagai fitur aplikasi tersebut”, tambahnya.

Dalam Rakor ini, Sherly juga kembali menekankan empat kriteria informasi dalam layanan publik. Yakni informasi berkala, setiap saat, serta merta, dan dikecualikan. Sherly mendorong website OPD yang belum aktif agar dioptimalkan. Untuk itu OPD yang bersangkutan perlu melengkapi informasi sesuai kriteria tersebut.(dn/kominfo)

DSC 2954

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com