LCC Dokcil, Upaya Tingkatkan Keterampilan Hidup Sehat Peserta Didik

Table of Contents

BANJARNEGARA – Pemkab Banjarnegara menggelar Lomba Cerdas Cermat Dokter Kecil (LCC Dokcil) jenjang SD/MI dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) jenjang SMP/MTs tingkat Kabupaten Banjarnegara di Sasana Adi Praja Setda Banjarnegara.

Di kutip suarabanyumas.com dari banjarnegarakab.go.id, Selasa (27/09/2022), acara yang berlangsung pada Selasa (20/09/2022) ini di buka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tursiman.

Tursiman mengatakan, penyelenggaran lomba dokter kecil dan lomba kader kesehatan remaja di laksanakan sesuai amanah Peraturan Bupati Banjarnegara No 48 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah Di Kabupaten Banjarnegara.

“Melalui media atau ajang seperti ini yang di laksanakan secara rutin setiap tahun, kami berharap akan terus lahir generasi yang sehat, unggul dan berprestasi,” ungkapnya.

Baca Juga : 199 Desa di Banjarnegara Rawan Longsor

Melalui gerakan pembinaan dan pengembangan UKS/M secara berjenjang mulai dari tim pelaksana UKS/M, TP UKS Kecamatan dan TP UKS Kabupaten, pemkab optimistis pelimpahan tanggung jawab pembangunan di kabupaten Banjarnegara di masa mendatang ada pada generasi muda yang sehat dan berkualitas.

“Generasi muda yang sehat dan berkualitas pasti memiliki keterampilan sosial yang baik dan mampu menciptakan lingkungan yang sehat, serta harmonis,” ujarnya.

Tursiman juga berpesan kepada peserta untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, semangat, selalu menjaga kesehatan dan yang terpenting selalu menjunjung nilai nilai kejujuran.

“Menang bukan yang utama, tetapi akhlak mulia harus selalu tertanam di dalam dada,” pesannya.

Bahan Perencanaan

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dr Ery Rosita menyampikan, melalui kegiatan pelayanan kesehatan dan pendidikan keterampilan hidup sehat bagi peserta didik, harapannya permasalahan kesehatan anak usia sekolah akan lebih dini di ketahui dan di inventarisasi sebagai bahan perencanaan penanggulangan masalah kesehatan ke depan.

Keberadaan sekolah dan siswa yang merupakan aset bangsa, sedianya harus di persiapkan sebaik-baiknya untuk menjadi generasi yang sehat, bugar dan produktif.

“Salah satu bentuk kegiatan promosi kesehatan dalam upaya meningkatkan keterampilan hidup sehat peserta didik adalah melalui kegiatan pembinaan LCC Dokcil dan KKR untuk memilih dokter kecil teladan dan kader kesehatan remaja teladan tingkat Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Dalam kegiatan LCC Dokcil dan KKR Tahap 2, babak penyisihan di ikuti oleh 40 peserta dokter kecil SD/MI dan 40 peserta KKR dari perwakilan 20 TP UKS Kecamatan yang di laksanakan pada 20 dan 21 September 2022.

Baca Juga : 1.440 Paket Beras Dibagikan ke Warga Terdampak Kenaikan BBM

Seleksi pada tahap ini untuk mendapatkan 3 peserta dari masing-masing kategori guna maju ke babak final yang akan di laksanakan pada 27 dan 28 September 2022.

Pada tahap sebelumnya, para peserta telah telah mengirimkan video presentasi dan video unjuk kerja kepada panitia untuk di lakukan penilaian. (*-7)

Sumber : banjarnegarakab.go.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com