Upacara UUPA, Pendaftaran Tanah Capai 81,6 juta bidang

Table of Contents

PURWOKERTO – Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas, Senin (26/09/2022), menggelar Upacara HUT Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) ke-62 di halaman kantor setempat. Upacara ini di pimpin Bupati Banyumas Achmad Husein.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati di dampingi Kepala Kantor ATR/BPN Banyumas Agus Suppapta menyerahkan sertipikat hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tahun 2022 yang sudah selesai kepada perwakilan warga di Kabupaten Banyumas.

Selain itu, ia juga menyematkan secara simbolis tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun kepada pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas.

Bupati Husein saat membacakan sambutan Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengatakan, pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022 ini mengusung tema “Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh”.

Transformasi Digital

Dalam pelaksanaannya akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, murah, cepat, efektif, dan efisien.

”Saya mengingatkan kembali tugas yang di arahkan pada saat Rakernas sejalan dengan tugas yang di berikan oleh Bapak Presiden kepada saya. Karena itu mari kita bersama-sama melaksanakan percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan reforma agraria, serta pemberantasan mafia tanah, dukung percepatan pembangunan IKN,” terangnya.

Menurut Menteri ATR/BPN, dengan program PTSL di dapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun. Capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL. Hingga saat ini pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang.

Menteri mengingatkan pentingnya mengejar target PTSL. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang di hasilkan, sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari.

Program Strategis

“Saya menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para gubernur, bupati/wali Kota, camat, kepala desa dan lurah, yang selama ini telah bekerja keras bersama-sama jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan Program Strategis Kementerian ATR/BPN,” ungkapnya.

“Ucapan terima kasih yang tulus juga saya sampaikan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN di seluruh tanah air atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini.  Serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program dan kegiatan Kementerian ATR/BPN,” urainya.(*-7)

Sumber : banyumaskab.go.id

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com