KIM Obor Desa Dibentuk Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penyebaran Informasi

Table of Contents

You are currently viewing KIM Obor Desa Dibentuk Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penyebaran Informasi

CILACAP – Upaya pemberdayaan masyarakat dalam penyebaran informasi, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan acara sosialisasi dan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Untuk kesekian kalinya sosialisasi dan pembentukan KIM dilaksanakan, kali ini diselenggarakan di Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten, Rabu (28/09/2022).

Acara dihadiri Kepala Diskominfo Cilacap yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari, Subkoordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti, Kepala Desa Kalijeruk yang diwakili Sekretaris Desa Eko Setiono, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta warga masyarakat Desa Kawunganten dari berbagai elmen.

Sekretaris Desa Kalijeruk Eko Setiono saat membuka acara menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan di Desa Kalijeruk. Pihaknya berharap, dengan terbentuknya KIM di Desa Kalijeruk ini bisa membawa perubahan yang lebih baik.

“Setelah dibentuk KIM, tidak hanya pembentukan dan berhenti, tetapi bagaimana bisa memberdayakan masyarakat dan anggota KIM bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas”, ungkap Eko.

Sekretaris Desa Kalijeruk Eko Setiono saat membuka acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Kalijeruk
Sekretaris Desa Kalijeruk Eko Setiono saat membuka acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Kalijeruk

Sebagai narasumber dalam Sosialisasi dan Pembentukan KIM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap Sherly Dyah Permanasari. Dalam paparannya menjelaskan mengenai sejarah, visi, misi dan tugas serta fungsi KIM dalam masyarakat.

Pihaknya berharap dengan dibentuknya KIM ini tidak terjadi miskomunikasi baik antara masyarakat dengan masyarakat maupun masyarakat dengan pemerintah. Selain itu, dengan dibentuknya KIM ini mengajak masyarakat untuk peka terhadap perkembangan informasi yang menuntut anggota KIM harus mampu meyaring dan mengecek kebenaran informasi sehingga terhindar dari informasi hoax.

“Bagaimana anggota KIM ini bisa menyerap, menyaring dan mengolah segala macam informasi sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat adalah informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat”, ungkap Sherly.

KIM berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat juga menjembatani antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi. Disamping itu, segala macam potensi desa bisa digali dan ditingkatakan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui promosi di media sosial yang ada secara efektif dan efisien.

Foto bersama pengurus KIM OBOR DESA Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten
Foto bersama pengurus KIM OBOR DESA Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten

KIM Desa Kalijeruk terbentuk dengan nama KIM Obor Desa yang diketuai oleh Mafahir, Wakil Ketua Eko Setiono, Sekretaris Fahrul Kholik, Bendahara Ngadiro dan dibantu 4 seksi. Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM Widia Santi, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi Tursinan, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi Ujang Mohammad Saiful dan Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Ana Sujinah dengan Penasehat Kepala Desa Kalijeruk Yanto. (wd/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com