Pemberian Penghargaan Kepada Duta Baca dan Insan Peduli Pustaka

Table of Contents

You are currently viewing <strong>Pemberian Penghargaan Kepada Duta Baca dan Insan Peduli Pustaka</strong>

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) memberikan penghargaan kepada Duta Baca Cilacap dan para Insan Peduli Pustaka pada hari Kamis (17/11/2021) di Fave Hotel Cilacap.

Penghargaan disampaikan secara simbolis dalam acara Pemberian Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca Kabupaten Cilacap Tahun 2022 oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dr. Pramesti Griana Dewi dan Kepala Dinas Arpusda Ahmad Fauzi.

Andra Patama dari SMAN 1 Adipala berhasil menjadi Juara 1 Duta Baca Kabupaten Cilacap, kemudian Alya Martzalyanti dari SMAN 1 Maos menjadi Juara 2 dan Cahya Carunnias Pambayun dari SMAN 1 Kroya sebagai Juara ketiga. Adapun Insan Peduli Pustaka yang mendapatkan penghargaan adalah Penggagas Komunitas Elitera Kecamatan Karangpucung Dwita Utami, Penggagas Komunitas Gergaji Kecamatan Kesugihan Ngarifin dan Bhabinkamtibmas Maos Kidul Second Is Ujiandoko.

Sekretaris Dinas Arpusda Bachtiar Ahmad dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan para pemangku kepentingan di bidang perpustakaan, meningkatkan peran mitra perpustakaan dalam meningkatkan dan membangun literasi masyarakat, dan meningkatkan minat baca masyarakat.

“Serta membangun serta menciptakan budaya literasi yang tinggi di lingkungan masyarakat sebagai pendukung pembangunan sumberdaya manusia Indonesia yang unggul,” ujar Bachtiar.

IMG 8471

Sementara Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dr. Pramesti Griana Dewi memberikan ucapan selamat kepada Duta Baca dan Insan Peduli Pustaka yang menerima penghargaan. Ia berharap hal ini akan memotivasi dan meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Cilacap.

“Semoga hal ini juga akan memotivasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Cilacap, guna mewujudkan masyarakat yang kreatif dan inovatif berbasis pengetahuan melalui lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat,” harapnya.

Untuk meningkatnya minat baca masyarakat, dr. Pramesti menganggap keberadaan perpustakaan juga memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Ia mengingatkan kepada para pengelola agar dapat berperan aktif dalam mengembangkan perpustakaan yang ada.

“Hal ini penting dilakukan, karena harus kita sadari ternyata tidak sedikit warga masyarakat kita, termasuk anak didik yang belum memanfaatkan jasa perpustakaan secara optimal. Kebanyakan mereka hanya memanfaatkan jasa perpustakaan sebatas untuk memenuhi kebutuhan referensi, informasi mendesak maupun bagi keperluan strategis tertentu,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga Talkshow dengan narasumber Heru Kurniawan yang merupakan Dosen di UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto dan Founder Komunitas Literasi Rumah Kreatif Wadas Kelir dari Purbalingga dengan judul “Mengembangkan Komunitas Membaca yang Kreatif dan Berkelanjutan”.

Beberapa program Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan minat baca anak dan masyarakat diantaranya perpustakaan keliling, program bercerita, kantin perpustakaan yang memiliki fasilitas internet dan penampilan dari para pegiat literasi.

“Nanti rencananya setiap malam minggu akan ada istilahnya Stand Up Literasi, nanti teman-teman bisa bercerita tentang buku-buku yang sudah dibaca kepada pengunjung. Dari situ kita menjaring minat masyarakat dengan fasilitas-fasilitas yang ada di Perpusda,” jelas Kepala Dinas Arpusda Ahmad Fauzi. (my/kominfo)

Tautan Sumber Berita

Facebook
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kantor Desa:

Jalan Raya Bantarsari no.2 Desa Bantarsari, Kecamatan Bantarsari, Cilacap, Jawa Tengah. Kode pos 53258
email:  pemdesbantarsari@gmail.com
website: desabantarsari.net

© 2022 made by: sketsaemas.com